Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Evolusi 15 Tahun BNI dalam Java Jazz Festival

Marketing – Ada banyak alasan untuk menunjukkan bahwa Indonesia tergolong surga musik jazz Asia. Salah satunya adalah maraknya panggung jazz kerap ditemui di kampus-kampus hingga musisi jazz lahir silih berganti dari beragam generasi. Sebut saja Barry Likumahuwa, Idang Rasjidi, berlanjut ke generasi Fariz RM dan Indra Lesmana hingga yang terbaru Andien dan Maliq & D’Essentials.

Menariknya, Jazz di Indonesia pun dilirik oleh dunia perbankan sebagai mitra strategis untuk memperkenalkan produk-produk terbarunya. Semangat inilah yang pada akhirnya mempertemukan BNI dengan PT Java Festival Production sejak 15 tahun silam. Ya, Festival tahunan BNI Java Jazz Festival 2019 kembali digelar mulai hari ini hingga 3 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dengan tema Broadway dan mengusung misi “Music Unites Us All”.

BNI Java Jazz Festival 2019 (1)-(3): Direksi Retail Banking BNI Tambok P Setyawati (kiri)  memakaikan gelang TapCash kepada musisi muda Rizky Febian (tengah) bersama Pemimpin Divisi Komunikasi Pemasaran BNI Indomora Harahap (kanan) di depan BNI Lounge, BNI Java Jazz Festival 2019, Jakarta.

Dewi Gontha, Direktur Utama PT Java Festival Production mengatakan, saat tahun pertama Java Jazz Festival dimulai, BNI merupakan salah satu perusahaan yang mendukung gelaran musik jazz. “Kami mencoba untuk terus bekerjasama dengan BNI dan sponsor lain yang sejak awal sudah mendukung kami.”

Boleh dibilang, Java Jazz Festival adalah saksi evolusi produk-produk perbankan yang dikembangkan BNI. Selama lima tahun terakhir ini saja dapat terlihat perubahan signifikan pada produk digital BNI. Pada Java Jazz Festival 2014 hingga 2016, BNI memperkenalkan uang elektronik dalam bertransaksi di area festival dengan nama Kartu TapCash, dengan beragam varian yang mengangkat budaya leluhur Tanah Air – mulai dari motif Batik hingga Barong Bali). Pada Java Jazz Festival 2017, BNI memperkenalkan produk Dompet Elektroniknya yang saat itu memang sedang booming. Kemudian, Java Jazz Festival 2018, BNI juga memperkenalkan produk berupa Aplikasi Pembayaran Multi Sumber Pembayaran, dimana saat itu baru BNI yang memiliki.

Direktur Retail Banking BNI Tambok P Setyawati menegaskan, “Setiap tahun, BNI selalu berinovasi dan membawa hasil inovasi tersebut pada gelaran Java Jazz Festival. Pada Java Jazz Festival 2019, BNI menghadirkan gelang Tapcash, Smart Kiosk, Digital Open Account, dan Vending Machine TapCash yang akan semakin membuat penonton nyaman saat datang ke area BNI Java Jazz Festival 2019,” jelas dia.

Menandai kerja sama ke-15 ini, BNI menghadirkan teknologi perbankan terkini melalui gelang TapCash. Setiap pengunjung akan menggantikan lembaran tiket kertas dengan Gelang TapCash sebagai akses masuk sekaligus dapat digunakan sebagai alat transaksi. Sementara untuk Special Show, BNI Java Jazz Festival 2019 akan menghadirkan band rock Toto, penyanyi soul berdarah India-Amerika Raveena, dan H.E.R.
Dewi pun menambahkan, semakin bertambah usia, perhelatan musik bertaraf internasional ini kian digemari generasi milenial. Tentunya, ini tidak lepas dari keberanian pihak penyelenggara melakukan manuver perubahan target audience. “Dua tahun terakhir kami mencoba mengubah target audience kami sehingga kami bisa semakin lebar dan mengajak teman-teman yang lebih muda tentunya, yang umurnya 18 hingga 34 tahun.”

BNI Java Jazz Festival 2019 mengumumkan bahwa Cyrus Chestnut Trio, GoGo Penguin, James Vickery, JMSN, Lucky Chops, Moonchild, Nathan East Band of Brothers, Sinéad Harnett, The Suffers, Allen Hinds & L.A. Super Soul, Andien, Elfa Zulham & The Beatz Messengers, Endah N Rhesa Extended, dan Indra Aziz For Good. Kemudian ada juga Jeff Bernat, Jeslla, Mac Ayres, Parkdrive, Saxx in the City, Teddy Adhitya, The Soulful, Tommy Pratomo, Warner Music Project feat. Andini, Hanin Dhiya, Rahmania Astrini dan Trisouls, Yuri Mahatma, dan Zsolt Botos sebagai line up tahun ini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top