Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Evelina Senyavina, Pakar Pemasaran yang Mengakselerasi Literasi Digital di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Digital | Dunia EdTech dan pendidikan digital telah berubah selama beberapa tahun terakhir di semua negara dan benua, termasuk Indonesia. Apalagi disusul dengan kedatangan pandemi yang makin mempercepat perubahan ini. Sebagian besar perusahaan dan profesional di seluruh dunia harus mengubah pandangan dan strategi mereka untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan yang berubah agar tetap bertahan.

evalina senyavina

Hal ini menunjukkan kepada kita semua, bahwa tidak ada konten atau strategi evergreen yang selalu dapat diandalkan; faktanya, dunia berubah sangat cepat dan pendekatan kita harus diselaraskan dengan perubahan yang ada. Di sisi lain, perubahan yang signifikan ini memang mengejutkan bagi beberapa profesional. Tetapi, yang lain melihatnya sebagai peluang yang menjanjikan. Pasar Indonesia selalu dinamis dan menantang tetapi juga menarik bagi orang asing yang datang ke sini untuk membuka bisnis, melakukan investasi atau mentransfer pengetahuan berharga mereka untuk meningkatkan berbagai industri di negara ini dan membawa dampak positif bagi konsumen lokal.

Masa transformasi yang penuh tantangan membuat Evelina Senyavina, salah satu profesional yang terpanggil untuk mempercepat penyerapan literasi teknologi di Indonesia. Berasal dari Moskow, Rusia, Evelina sudah memiliki pengalaman internasional di negara lain dalam pemasaran, pengembangan bisnis, dan pendidikan sebelum pindah ke Asia Tenggara. Ketiga industri ini menjadi kombinasi sempurna untuk babak baru dalam karirnya – pekerjaan di perusahaan EdTech terkemuka dalam pendidikan pemrograman di Asia Tenggara. Secara pribadi, Evelina selalu menekankan pendidikan karena dia tahu nilainya: untuk alasan ini, dia memilih universitas yang juga sekaligus menjadi wadah para pemikir terbaik untuk pendidikannya, di mana dia mendapatkan gelar sarjana dan master dan secara berturut-turut. Tidak hanya itu, Evelina juga mengambil kursus dari penyedia terbaik di dunia untuk tetap up-to-date dan relevant dengan tren yang berubah dengan cepat.

Sebelum di Indonesia, Evelina bertanggung jawab atas proyek transformasi digital, mengelola beberapa proyek besar untuk eksekutif tingkat C, mengatur acara industri dan semua perusahaan yang penting, dan juga meluncurkan proses bisnis baru, mengelola kemitraan, meningkatkan kesadaran merek.

Masa jabatan Evelina memainkan peran penting dalam pelopor EdTech Indonesia memperluas kehadirannya di seluruh negeri dan membawa literasi digital bahkan ke daerah yang paling terpencil, memasuki pasar luar negeri, dan secara signifikan meningkatkan jumlah pelanggan karena pendekatan perusahaan yang berubah dan upaya tim profesional.

Perubahan besar seperti itu datang sebagai hasil dari beberapa keputusan yang berani seperti membentuk tim baru, mengubah struktur, dan merombak strategi. Perusahaan mulai mempekerjakan para profesional yang terus memperbarui produknya untuk menawarkan kursus pemrograman paling mutakhir kepada anak-anak berusia 4-16 tahun. “Memiliki tim profesional, yang sebagian besar terdiri dari talenta baru dari Indonesia dan Eropa, benar-benar membuat proses pertumbuhan cepat kami menjadi lebih lancar dan membantu mencapai hasil yang signifikan dalam waktu terbatas yang kami miliki.”

Dalam pekerjaannya, Evelina menganut prinsip-prinsip manajemen proyek Agile dan metodologi Scrum dalam mengelola proyek: dia percaya bahwa pekerjaan saat ini membutuhkan pendekatan berulang dan bertahap. Pendekatan dengan metode seperti ini dapat membantu memperkenalkan perubahan penting pada tahap awal dan dengan cepat melakukan penyesuaian sesuai dengan kondisi yang relatif dinamis. Pendekatan seperti itu membuat kerja tim lebih efektif dan meningkatkan komunikasi. Metodologi ini secara tradisional dikaitkan dengan software development tetapi pada kenyataannya, dapat digunakan di tim lain juga.

“Menerima pekerjaan di benua yang berbeda dan pindah ke negara lain di tengah pandemi mungkin tampak terlalu menantang bagi banyak orang. Tetapi dengan cinta saya untuk melakukan perubahan, saya melihatnya sebagai kesempatan yang unik. Saya selalu menyimpan tujuan yang lebih besar – atau bahkan misi – dalam pikiran, dan melihat langkah ini sebagai langkah untuk mencapainya.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top