Eurofragance Kenalkan Olivante®, Bahan Parfum Alami dan Berkelanjutan untuk Parfum Premium
Marketing.co.id – Berita Marketing | Dunia parfum kembali mendapat sentuhan baru dari Eurofragance. Perusahaan multinasional asal Spanyol ini resmi mengenalkan Olivante®, bahan parfum alami eksklusif terbaru yang akan diluncurkan pada ajang Beautyworld Middle East 2025 di Dubai, pada 27 Oktober mendatang. Inovasi ini menandai langkah keberlanjutan Eurofragance dalam menciptakan bahan parfum mewah berbasis alami.
Olivante® merupakan bahan parfum keempat yang dipatenkan Eurofragance. Uniknya, bahan ini dibuat dari produk sampingan buah zaitun yang biasanya menjadi limbah setelah proses ekstraksi minyak. Melalui pendekatan ilmiah dan ramah lingkungan, para ahli Eurofragance berhasil mengekstraksi molekul aroma khas zaitun untuk menghasilkan bahan alami dengan karakter mewah dan lembut.
Menurut R&D Manager Ingredients and Fragrance Performance Felipe San Juan, pengembangan Olivante® membutuhkan riset selama dua tahun di wilayah pedesaan Spanyol. “Setiap varietas zaitun memiliki aroma berbeda. Kami harus menemukan jenis dengan karakteristik paling potensial dan mengolahnya menjadi bahan parfum bernilai tinggi,” ujarnya.
Sentuhan Timur Tengah dalam Nuansa Global
Sebagai pionir parfum bergaya Timur Tengah, Eurofragance merancang Olivante® agar mampu menghadirkan kesan mewah khas parfum Arab namun tetap cocok untuk selera Barat. Belén Garcia, Master Perfumer Eurofragance mengatakan bahwa bahan ini memberikan dimensi baru pada berbagai aroma. “Olivante® mampu membuat aroma buah lebih hidup, aroma manis lebih elegan, dan aroma bunga putih lebih menonjol,” katanya.
Aroma fenolik yang menyerupai minyak kastor—ciri khas parfum mukhallat Timur Tengah—memberikan karakter kuat tanpa meninggalkan kesan berat. Hal ini menjadikan Olivante® bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam parfum premium, pengharum ruangan, hingga produk perawatan tubuh.
Inovasi ini juga mempertegas komitmen Eurofragance terhadap keberlanjutan dan circular economy. Dengan bekerja sama bersama produsen minyak zaitun di Spanyol, perusahaan mendaur ulang produk sampingan yang sebelumnya tidak dimanfaatkan menjadi bahan bernilai tinggi. Proses produksi Olivante® dikembangkan sepenuhnya menggunakan metode ramah lingkungan dan menghasilkan bahan parfum 100% natural.
Global Marketing Director Eurofragance Sine Guçetil menyebut Olivante® sebagai simbol perpaduan antara warisan budaya Mediterania dan inovasi modern. “Olivante® memberikan kesan mewah yang segar dan alami. Kami optimis bahan ini akan digunakan secara luas di berbagai kategori produk di pasar global,” ungkapnya.
Industri Parfum Indonesia Terus Tumbuh
Menurut data Statista, nilai pasar parfum Indonesia mencapai Rp7,6 triliun (US$457,81 juta) pada 2025 dan diproyeksikan tumbuh 3,35% per tahun hingga 2030. Melihat potensi besar tersebut, Eurofragance memperkuat kehadirannya di Indonesia melalui PT Euronindo Fragrance, yang diakuisisi pada 2023.
“Indonesia adalah pasar yang berkembang pesat. Kami ingin memperluas investasi di wilayah yang telah kami bangun selama lebih dari dua decade,” ujar pendiri Eurofragance, Santiago Sabaté.
Eurofragance menempatkan keberlanjutan, keamanan produk, etika bisnis, dan tanggung jawab sosial sebagai empat pilar utama dalam operasionalnya. Dengan filosofi inovasi yang diwariskan para pendirinya, perusahaan ini terus menciptakan solusi wewangian yang menggabungkan sains, seni, dan alam. Melalui Olivante®, Eurofragance tidak hanya menawarkan aroma baru, tetapi juga pesan penting bahwa kemewahan masa depan terwujud dari inovasi yang berkelanjutan. (***)


