Era Baru Periklanan Didukung AI Generatif untuk Pemasar

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Google mengumumkan serangkaian inovasi signifikan di Google Marketing Live 2025, menyoroti bagaimana kecerdasan buatan (AI) generatif akan membentuk masa depan periklanan. Dalam acara yang diselenggarakan di San Francisco, Google menunjukkan secara detail bagaimana mereka membangun solusi berbasis AI generasi berikutnya untuk Search dan YouTube, platform utama tempat penemuan dan keputusan bisnis bermula.

Vidhya Srinivasan, VP/GM Google Ads & Commerce, menegaskan bahwa masa depan periklanan yang didorong oleh AI sudah tiba. “Peran periklanan bagi bisnis dan internet sangat krusial. Orang-orang datang ke Google untuk menemukan jawaban, hal baru, dan inspirasi. Iklan digital membantu menghubungkan orang dengan bisnis, dan memungkinkan penerbit serta kreator menawarkan konten gratis,” ujar Srinivasan. Google berkomitmen untuk menata ulang periklanan agar tidak menginterupsi, melainkan membantu pelanggan menemukan produk atau layanan yang tepat.

Google mencatat lebih dari 5 triliun pencarian setiap tahunnya. Dengan kemajuan AI, Google Lens, AI Overviews, dan AI Mode telah membuka cara baru bagi pengguna untuk menjelajah dan bertindak lebih cepat. Menjawab peluang ini, Google memperluas penayangan iklan di AI Overviews ke desktop di AS, dan akan segera ke perangkat seluler dan desktop di negara-negara pilihan berbahasa Inggris. Selain itu, iklan juga akan hadir di AI Mode di AS, menciptakan peluang baru bagi pengiklan.

Iklan di AI Overviews terbukti membantu pengguna menemukan bisnis, produk, dan layanan yang relevan dengan cepat. Demikian pula, pengujian iklan di AI Mode, pencarian AI paling canggih untuk pertanyaan kompleks, akan dimulai di AS. Pengiklan yang menggunakan Performance Max, Shopping, dan kampanye Search dengan broad match, termasuk AI Max for Search campaigns, akan otomatis memenuhi syarat untuk tampil di AI Overviews dan AI Mode.

Membuat konten visual yang menarik dan beragam seringkali menjadi tantangan. Google AI kini menjadi mitra kreatif yang kuat dengan alat inovatif di seluruh platform iklan dan merchant.

Google memperkenalkan pembaruan terbesar pada sistem bidding dalam satu dekade terakhir, yakni Smart Bidding Exploration. Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk menargetkan kueri yang kurang jelas namun berpotensi sangat berharga, seperti “cara membeli rumah” bagi penyedia hipotek, sehingga AI dapat menemukan prospek baru yang tidak akan tertangkap sebelumnya. Kampanye yang menggunakan Smart Bidding Exploration rata-rata melihat peningkatan 18% dalam kategori kueri pencarian unik dengan konversi dan peningkatan 19% dalam konversi.

Untuk pengukuran, Google juga memperbarui alat pengukuran berbasis AI. Ini termasuk pengujian inkrementalitas yang lebih mudah diakses, peningkatan pengukuran lintas-saluran di Google Analytics untuk melacak perjalanan pelanggan, dan Data Manager sebagai pusat terpadu untuk mengumpulkan dan mengaktifkan data pihak pertama.

Untuk mengurangi upaya manual dan meningkatkan performa, Google meluncurkan kapabilitas agentic di platformnya. Sejak pengalaman percakapan diperkenalkan di Google Ads dua tahun lalu, lebih dari setengah juta pengiklan telah menggunakannya untuk membuat kampanye Search berkualitas tinggi. Kini, kemampuan agentic yang lebih luas akan hadir di Google Ads dan Google Analytics, membantu pemasar dalam orientasi, pembuatan kampanye, pelaporan, dan pemecahan masalah.

Inovasi penting lainnya adalah Marketing Advisor, agen AI yang terintegrasi di browser Chrome. Marketing Advisor dirancang untuk membantu pengiklan mengelola tugas pemasaran di berbagai tempat, memberikan panduan langkah demi langkah yang tepat, dan secara proaktif mengidentifikasi strategi di seluruh bisnis, termasuk tren musiman. Marketing Advisor juga dapat mendiagnosis masalah kampanye dan menemukan peluang pertumbuhan baru, bahkan di properti Google lainnya seperti Help Center atau sistem CMS.

Dengan miliaran listing produk online, alat-alat berbasis AI baru dari Google ini akan membantu bisnis menghasilkan konten yang menarik, terhubung dengan pelanggan, dan mendorong dampak pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.