Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Emotional Branding: Membangun Kedekatan dengan Konsumen Melalui Micro-Film

Marketing.co.id – berita marketing | Menjawab tantangan industri 4.0, setiap brand dituntut harus mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan pasar. Melalui kedua hal tersebut, diharapkan dapat membantu setiap brand untuk memperkuat positioning dan menghadirkan peluang pasar yang lebih luas guna mendukung perkembangan bisnis.

Hal lain yang tak kalah penting adalah bagaimana sebuah brand mampu berkomunikasi dengan stakeholdernya khususnya konsumen dan membangun kedekatan dengan mereka. Salah satu dari ragam pendekatan yang dirasa efektif, yakni melalui metode storytelling dalam menyampaikan pesan kepada konsumen.

Metode storytelling sendiri banyak diimplementasikan karena dirasa mampu menciptakan suatu hubungan emosional antara brand dengan para konsumen. Selain menyampaikan pesan melalui kata – kata, kegiatan storytelling juga dapat didukung dengan pemanfaatan platform digital, seperti halnya sosial media yang acapkali digunakan konsumen untuk mengakses ragam informasi yang dibutuhkan.

Adapun yang tak kalah menarik adalah metode storytelling melalui mikro-film. Hal ini tengah menjadi tren dikalangan brand di kawasan Asia yang menggunakan mikro-film untuk menunjang kampanye iklan mereka. Metode ini banyak diminati karena tidak hanya mampu menampilkan brand uniqueness secara lebih jelas, namun juga mampu membuat pesan yang ingin disampaikan lebih bernilai.

Memahami fenomena tersebut, Kingston Technology baru saja merilis mikro-film berjudul  Memori Memberi Kekuatan (Memories Empower) untuk mendukung kampanye mereka yang bertajuk “Kingston Is With You”. Melalui film tersebut, Kingston ingin menghidupkan kembali memori yang tak terlupakan dalam hidup banyak orang dan menekankan bahwa memori tidak hanya ada di masa lalu, namun juga dapat menjadi kekuatan yang memotivasi seseorang untuk terus bergerak maju dalam hidup.

Kingston percaya bahwa video merupakan salah satu media terbaik dalam menceritakan sebuah kisah. Adapun serial mikro-film bertajuk Trilogy A Memory to Remember yang sudah dirilis sebelumnya, berfokus pada pentingnya memori masa lalu dan telah berhasil menyentuh hati jutaan orang. Tahun ini, seiring dengan tema “Kingston Is With You,” Kingston kembali berkolaborasi dengan Sutradara iklan ternama, Lo Ging-zim untuk mengarahkan mikro-film Kingston untuk keempat kalinya. Lo Ging-zim juga menyutradarai tiga mikro-film Kingston sebelumnya.

Jika pada serial mikro-film Trilogy A Memory to Remember berfokus pada kisah masa lalu yang tak terlupakan, maka mikro-film bertajuk Memori Memberi Kekuatan (Memories Empower) bercerita tentang bagaimana melewati batasan ruang dan waktu masa kini dan masa depan. Cerita yang menggambarkan pertemuan seorang gadis setelah mengalami perubahan drastis dalam hidup, yang menunjukkan bahwa memori tidak hanya menghubungkan orang dengan masa lalu mereka, tetapi juga memberikan keberanian untuk terus bergerak maju. Kingston mengajak para penonton untuk memulai perjalanan pemulihan diri melalui mikro-film ini.

Keberhasilan Kingston dalam kampanye ini dapat terlihat dari jumlah penonton yang menyaksikan video tersebut hingga mencapai 9 juta orang dari seluruh wilayah Asia Pasifik hanya dalam kurun waktu seminggu dengan total waktu menonton hampir 600 ribu jam, atau setara dengan 67 tahun. Adapun pada platform sosial media Kingston, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1,1 juta post engagement dari para penonton yang merasa tersentuh oleh alur kisah dari film tersebut yang dirasa mampu menghadirkan ingatan masa lalu yang memiliki pengaruh yang cukup kuat ke kehidupan masa kini.

Untuk memberikan pengalaman lebih nyata terkait Memori Memberi Kekuatan (Memories Empower), Kingston secara khusus merancang Giftbox memori edisi terbatas yang dapat menstimulus panca indera: penglihatan, sentuhan, rasa, pendengaran dan penciuman. Giftbox terdiri dari kartu yang berisi tantangan selama 7 hari terkait memori dan masker wajah Kingston x CSD gratis. Giftbox ini diharapkan dapat mendorong kita untuk mengingat kembali momen-momen kecil namun berharga dan menemukan kembali kebahagiaan dari hal-hal kecil dalam hidup.

Melalui kegiatan ini, Kingston telah berhasil mengubah consumer brand menjadi emotional brand dimana dalam hal ini sebagai brand tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen tetapi juga memiliki ikatan emosional yang lebih erat. Sebagai informasi selama beberapa dekade Kingston telah berhasil menyimpan begitu banyak memori dari setiap penggunanya melalui kecanggihan teknologi yang dimiliki.  Kampanye ‘’Kingston Is With You’’ diharapkan mampu menguatkan para konsumen dalam melewati masa – masa sulit saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top