Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Eldeberry, Si Buah Mungil yang Kaya Manfaat

Marketing.co.id Berita Lifestyle | Eldeberry (Sambucus nigra). Mungkin jenis buah ini belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Namun, buah mungil  yang asam segar ini dipercaya memiliki khasiat yang tak kalah dibanding buah jeruk.

Eldeberry yang kaya akan A, vitamin B, vitamin C, flavonoid, dan asam amino seringkali dimanfaatkan sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol, meningkatkan penglihatan, menguatkan sistem imun, memperbaiki kesehatan jantung dan tentu saja untuk batuk, pilek, dan flu.

Penelitian menemukan bahwa kandungan zat flavonoid dalam sari elderberry dapat menghancurkan virus flu dan pilek. Manfaatnya sangat terasa 24 – 48 jam setelah mengalami gejala flu dan dipercaya dapat mengurangi durasi gejala flu hingga lebih dari 50%.

Dengan kandungan tersebut Elderberry sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh supaya tetap sehat dan terlindung dari berbagai penyakit, khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Baca juga: Manfaat Albumin Bagi Ibu Hamil dan Pasien Covid-19

Elderberry telah menjadi obat tradisional selama berabad-abad di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara. Penyebaran tamanan ini paling banyak di temui di Amerika Serikat dan berbunga antara Mei dan Juli, serta bisa tumbuh di berbagai kondisi, baik basah maupun kering.

Elderberry memiliki buah berkelompok yang mengalami perubahan warna mulai dari hijau, merah, dan kemudian menjadi hitam saat sudah matang. Ukuran buahnya bulat kecil dengan diameter hanya 3-5 mm.

Di Indonesia sendiri, ada jenis elderberry yang tumbuh liar di daerah pegunungan Indonesia bernama Sambucus Javanica atau disebut Sangitan. Tak hanya dikonsumsi langsung, buah ini bisa diolah menjadi produk makanan dan minuman, serta vitamin, salah satunya Amunizer dari Enesis Group.

Amunizer adalah ramuan herbal alami dengan beragam kandungan vitamin yakni Vitamin C 1000mg yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara intensif.

Baca juga: Taman Buah Mekarsari, Solusi Wisata Keluarga

Elderberry yang mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas, Zinc untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih baik.

Forsythia untuk mencegah infeksi bakteri, phyllanthus sebagai anti bakteri dan mampu mencegah virus dan Lonicera untuk mengobati saluran pernafasan karena virus influenza.

Ramuan herbal alami yang juga disebut “New Orange” tersebut mampu menjaga daya tahan tubuh secara intensif sehingga tidak gampang sakit, sekaligus menjadi amunisi untuk membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top