Marketing.co.id – Berita Marketing | Bertepatan dengan peringatan hari Kartini, brand pembalut wanita CHARM dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan tagline baru ‘Ekspresikan Diri Tanpa Henti’ sebagai bukti komitmennya untuk terus mendampingi perempuan Gen Z Indonesia dalam mengekspresikan diri tanpa batas kapan saja dan di mana saja – bahkan saat menstruasi.
Dukungan untuk semangat berekspresi tanpa henti kepada para perempuan khususnya Gen Z ini sejalan dengan semangat perjuangan R.A Kartini yang menyebarkan pesan-pesan inspiratif mendorong perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan potensi diri. Melalui inisiatif ini, CHARM berharap dapat meneruskan perjuangan R.A Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia.
Komitmen CHARM ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa tingkat pengetahuan dan kesadaran wanita muda di Indonesia mengenai kesehatan reproduksi dengan mengganti pembalut secara teratur hanya sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan inisiatif yang konsisten untuk meningkatkan kesadaran tersebut, dan edukasi terkait menstruasi menjadi hal yang penting.
Fakta ini menjadi urgensi bagi CHARM untuk mendorong perempuan Indonesia, khususnya Gen Z yang masih menjadi generasi paling aktif untuk memahami kebutuhan dasar mereka, termasuk menjaga kesehatan reproduksi, agar mereka dapat mencapai potensi diri secara maksimal melalui edukasi terkait perawatan menstruasi.
Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Mr. Takeyuki Matsuura mengatakan bahwa memahami dinamika kehidupan perempuan Gen Z di Indonesia adalah hal yang terpenting bagi CHARM. Oleh karena itu, CHARM ingin memastikan bahwa menstruasi tidak menjadi penghalang bagi perempuan untuk berkarya dan beraktivitas.
“Dengan semangat tersebut, mulai April ini kami meluncurkan brand message baru ‘Ekspresikan Diri Tanpa Henti.’ Ini sekaligus menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung para perempuan meraih impiannya sekaligus merangkum perjalanan inovasi CHARM selama ini. Tagline ini akan menjadi landasan kami untuk terus berinovasi dan menciptakan produk yang mendukung perempuan di setiap tahapan kehidupan,” ujarnya.
Aktris sekaligus Brand Ambassador CHARM Syifa Hadju mengatakan, “Aku ingin mengajak perempuan Gen Z Indonesia untuk berani dan percaya diri di setiap kesempatan seperti di sekolah, kantor dan berbagai kondisi lainnya. Karenanya, aku bersama CHARM akan terus menyuarakan Ekspresikan Diri Tanpa Henti. Sebagai perempuan kita harus berani menunjukkan kemampuan diri, dan memberikan yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan”.
Semangat tagline baru inilah yang juga dirasakan Syifa Hadju. Dengan antusias, ia mengatakan, “Sebagai perempuan, aku percaya bahwa kebebasan berekspresi adalah kunci untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Aku senang karena CHARM membantuku meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri, sehingga aku bisa fokus memberdayakan diri dan mengejar mimpi-mimpiku. Di hari Kartini ini, aku berharap semua perempuan Indonesia juga merasakan kekuatan untuk menjadi diri mereka yang terbaik.”
CHARM percaya bahwa setiap perempuan berhak untuk berkarya dan beraktivitas tanpa rasa khawatir. Untuk mendukung hal ini, CHARM selalu berinovasi melalui produknya yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita Indonesia. Bagi konsumen di Indonesia, fungsi penting yang dibutuhkan di dalam pembalut adalah penyerapan yang baik, tidak membuat pengap, dan mencegah bau tidak sedap. Tahun ini CHARM juga melakukan pembaruan pada produk CHARM Cooling Fresh dengan sensasi dingin yang lebih lama. Melalui inovasi yang berkelanjutan ini, CHARM mendukung perempuan Indonesia untuk tetap aktif beraktivitas dalam meraih impian. CHARM juga meluncurkan iklan TV “Ekspresikan Diri Tanpa Henti” bersama Syifa Hadju yang sudah ditayangkan tahun ini.
dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG – KFER, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) menegaskan bahwa Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang baik sangat penting bagi perempuan Indonesia karena dapat melindungi mereka dari infeksi saluran reproduksi dan masalah kesehatan serius lainnya.
Menurutnya, dengan merawat kesehatan area kewanitaan saat menstruasi dan memahaminya sepenuhnya, perempuan Gen Z tidak hanya merasa lebih percaya diri, tetapi juga bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka. Karena itu, produk-produk yang ditawarkan CHARM dirasa efektif untuk perawatan dalam masa menstruasi.
Mr. Takeyuki Matsuura percaya bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi yang tak terbatas, dan dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan tidak hanya produk tetapi juga berbagai inisiatif. Hingga saat ini CHARM telah melakukan berbagai upaya demi mendukung kesehatan dan kemajuan perempuan Indonesia, seperti edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk mencegah temuan kanker payudara stadium lanjut bersama YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) sejak 2021, edukasi kesetaraan gender kepada perempuan, kegiatan perayaan hari perempuan internasional, mendukung Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan lain-lain.
“Melalui berbagai inisiatif ini, kami berharap dapat berkontribusi pada perempuan Indonesia, sejalan dengan salah satu tekad yang terkandung dalam slogan perusahaan kami, Ethical Living for SDGs yaitu aktivitas masyarakat yang dikembalikan ke masyarakat,” pungkas Mr. Takeyuki Matsuura.