Berawal dari toko kecil di Depok, Jony Kosasih kini menjadi juragan peralatan dapur. Berikut kisahnya
Marketing.co.id – Berita UMKM | Mewarisi bisnis keluarga berusia puluhan tahun, nyatanya bukanlah sesuatu yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. “Inovasi” menjadi kata kunci yang dibutuhkan untuk bisa terus sukses seiring dengan perkembangan zaman.
Inovasi inilah yang dilakukan Jony Kosasih agar toko perlengkapan dapur warisan keluarganya tidak hanya bertahan, namun juga bertumbuh. Sebagai penerus bisnis keluarga, Jony menyadari perlunya perubahan untuk toko yang beroperasi di kota Depok, Jawa Barat, tersebut.
Tidak puas hanya menunggu di toko untuk pelanggan datang, Jony memutuskan memperluas bisnisnya secara online. Mengusung nama Dapur Oke, Jony mendirikan toko online pertamanya di Lazada pada 2018, dengan harapan kelak bisa menjadikan tokonya sebagai destinasi belanja lengkap perlengkapan dapur dan peralatan makan untuk masyarakat Indonesia. Jony menganggap dapur menjadi bagian esensial dari kehidupan keluarga di rumah. Karena itu, penting agar dapur memiliki perlengkapan yang mumpuni dan bagus secara estetis.
“Saya percaya bahwa jantung sebuah rumah ada di dapur. Pengalaman pribadi saya, ibu memasak dengan penuh cinta di dapur. Kami anak-anaknya akan menunggu masakan ibu dengan tidak sabar di dapur. Jadi, memang keluarga saya selalu berkumpul di dapur. Inilah yang mendasari saya untuk fokus menyediakan perlengkapan dapur yang bisa menunjang kegiatan keluarga di dapur, namun juga membuat dapur tetap kelihatan rapi dan estetis, seperti bagian rumah lainnya,” ujar Jony.
Jony memang ingin membuat dapur semua orang menjadi lebih Organized (teratur), Keren, dan Elegan, seperti makna dari “OKE”. Hingga saat ini, Dapur Oke telah melayani banyak pelanggan, dengan puluhan ribu pengikut yang siap menunggu berbagai promo yang ditawarkannya.
Untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, Jony selalu mengikuti tren pasar terbaru dan secara rutin mengidentifikasi produk-produk berkualitas yang tinggi permintaan. Kemudian, Jony menjualnya dengan harga yang sangat kompetitif. “Meskipun margin keuntungannya tipis, produk-produk seperti tempat air, tempat makan, piring, serta gelas yang tinggi permintaan dapat menarik orang untuk datang, dan bahkan juga berbelanja produk lainnya di toko kami,” jelasnya.
Salah satu yang membantu Jony bisa mengidentifikasi peluang adalah fitur Lazada Business Advisor. Fitur ini tidak hanya memungkinkan penjual mendapatkan data dan informasi terkait kinerja toko penjual, namun penjual juga bisa mendapatkan informasi tren dan minat terbaru konsumen. Dengan demikian, penjual bisa memperkuat strategi penjualan agar bisa meraih keuntungan yang optimal.
“Dengan data dan wawasan yang saya dapatkan, saya bisa mengetahui produk apa yang paling laku maupun yang kurang laku di toko saya, serta produk apa yang kini banyak dicari konsumen. Dengan demikian, saya bisa melakukan restock barang sesuai dengan kondisi toko dan prediksi ke depan sehingga operasional toko bisa menjadi lebih efektif dan efisien,” terang Jony.
Sejak berekspansi ke eCommerce, Jony terus memperluas jangkauan pelanggannya secara signifikan dan berhasil meningkatkan penjualan. Ia juga berhasil meningkatkan jumlah SKU di tokonya menjadi lebih dari 2.000 produk – sebuah prestasi yang mendekatkannya pada visinya untuk menjadikan Dapur Oke sebagai destinasi belanja lengkap untuk perlengkapan dapur dan peralatan makan.
Melayani pelanggan dan memberdayakan penjual lainnya
Sadar akan pentingnya digitalisasi, Jony menginvestasikan waktu dan usahanya untuk mempelajari lebih lanjut tentang menjalankan bisnis eCommerce. Ia tidak hanya memanfaatkan sumber daya pendidikan yang tersedia melalui Lazada University, tetapi juga bergabung dengan komunitas Lazada Club. Di sana Jony bertemu dan bisa belajar langsung dari penjual lain yang sudah lebih dulu sukses. Jony juga aktif belajar tentang berbagai alat penjual dan solusi pemasaran Lazada serta berpartisipasi dalam berbagai kampanye untuk menemukan formula yang tepat untuk mempromosikan tokonya.
Kini, setelah tokonya sukses dan masuk ke dalam jajaran penjual sukses Lazada, Jony mendedikasikan sebagian waktunya untuk membantu penjual lain mencapai kesuksesan yang kini dinikmatinya. Kini, Jony adalah LazStar trainer, penjual yang telah bersertifikasi untuk menjadi mentor bagi penjual lainnya. Sebagai LazStar Trainer, Jony memberikan bimbingan dan dukungan kepada mereka, terutama yang baru memulai perjalanan eCommerce mereka.
“Saya ingin hidup saya juga bisa menjadi berkat bagi orang lain. Dulu, waktu saya baru masuk mendirikan toko online, banyak yang membantu dan menyemangati saya. Kini setelah saya memahami dunia eCommerce dan bisa menavigasi toko dengan baik, saya juga ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman agar lebih banyak orang bisa mengambil peluang yang ada di eCommerce,” tambah Jony.
Setelah mengalami sendiri suka dan duka menjalankan bisnis online, Jony dengan yakin mengatakan bahwa kunci untuk mencapai hasil adalah kesabaran dan ketekunan. “Tidak ada kesuksesan instan, semua membutuhkan proses. Jangan mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan, karena itu bagian dari proses kehidupan,” katanya.
Bagi Jony, bisa terus mengembangkan bisnis keluarganya melalui eCommerce telah menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Ke depannya, Jony berharap dapat terus menyediakan produk-produk dapur dan makanan berkualitas namun terjangkau kepada pelanggannya. Jony bermimpi kelak suatu hari bisa meluncurkan merek peralatan dapur miliknya sendiri. (***)