Marketing.co.id — Berita Lifestyle | Dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional, PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) mengadakan talkshow inspiratif bertajuk “Stay Charming Everyday – Menstruasi Bukan Hambatan Meraih Mimpi” di SMA Islam Al Azhar 17 Karawang. Acara ini bertujuan untuk membekali remaja putri dengan pengetahuan dan dukungan moral agar tetap percaya diri dan produktif meskipun sedang mengalami menstruasi.
Acara yang berlangsung pada tanggal 15 Agustus ini dihadiri oleh tiga panelis ahli, yakni Ayoe Sutomo, M.Psi., seorang Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga; perwakilan karyawan perempuan muda dari Unicharm; serta siswi berprestasi dari SMA Islam Al Azhar 17 Karawang. Kehadiran para panelis ini memberikan perspektif yang komprehensif, mulai dari sisi psikologis, pengalaman praktis, hingga pandangan dari sesama remaja.
Data dari Bank Dunia menunjukkan, bahwa sekitar 500 juta perempuan di seluruh dunia tidak memiliki akses memadai terhadap informasi, produk, atau fasilitas kebersihan menstruasi. Kurangnya pemahaman ini sering kali membuat menstruasi menjadi hambatan.
Ayoe Sutomo, M.Psi., menjelaskan, “Bagi remaja perempuan, menstruasi dapat menjadi tantangan tersendiri. Perubahan suasana hati hingga rasa tidak percaya diri adalah hal normal. Namun, penting untuk menyadari bahwa menstruasi adalah proses alami dan sehat. Selain itu, penting berbagi cerita dengan orang-orang terpercaya, seperti orang tua atau guru, untuk mendapatkan dukungan dan solusi. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial, karena bisa jadi malah memperburuk suasana hati,” tambahnya.
Selain itu, para panelis juga memberikan tips praktis dalam memilih pembalut yang tepat agar tetap nyaman beraktivitas. Di akhir acara, para siswi diajak untuk menuliskan impian mereka dalam program “My future self,” sebuah kegiatan yang memotivasi mereka untuk merencanakan dan mengejar cita-cita.
Menurut Presiden Direktur Unicharm, Takumi Terakawa, kegiatan edukasi ini merupakan wujud nyata dari slogan perusahaan Ethical Living for SDGs dan komitmen mereka terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) No. 4: Pendidikan Berkualitas.
“Unicharm sangat menyadari bahwa generasi muda, khususnya perempuan, memegang peran penting untuk membangun masa depan bangsa. Melalui edukasi interaktif ini, kami berharap para peserta tidak hanya mendapatkan informasi yang bermanfaat, tetapi juga merasa didukung dan dipahami. Ini sejalan dengan corporate brand kami, Love Your Possibilities, di mana kami ingin setiap individu mengeluarkan potensinya masing-masing,” ujar Takumi Terakawa.
Takumi Terakawa menutup dengan harapan bahwa acara ini dapat berkontribusi dalam menciptakan masyarakat simbiosis, di mana setiap individu saling mendukung dan memotivasi satu sama lain untuk meraih potensi terbaik mereka.