Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Eca Maresha, Beautypreneur Peraih Women of Excellence Indonesia Award

Marketing, Jakarta – Industri kecantikaan dan kosmetik di Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar yang sangat potensial. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2018 tercatat industri kosmetik nasional mengalami pertumbuhan hingga 20% dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2017.

Sedangkan pada kuartal I tahun 2019 sektor industri ini memberikan sumbangsih nilai PDB sebesar Rp 21,9 triliun. Diharapkan segmen pasar kosmetik akan tumbuh pada angka 9% di 2019 dan ditargetkan mampu menembus nilai Rp 50 triliun.

Pasar potensial ini tentu saja menggiurkan bagi pengusaha tanah air, tak terkecuali bagi Eca Maresha. Wanita bernama asli Reza Pahlevi Lestari ini menganggap industri pasar kosmetik, perawatan kulit, dan personal care sangatlah menjajikan.

Karena itu, tercetuslah ide membuat sebuah merek kecantikan Maresha Skincare. “Aku ingin agar orang menjadi lebih aware dengan perawat kulit. Kulit yang terawat tidak hanya bersih, tetapi juga sehat. Sehingga jika kulitnya lebih sehat dan bercahaya, orang akan semakin percaya diri,” ujarnya.

Dengan motto ‘Get your healthy and glowing skin with Maresha’, Eca berharap produknya tidak hanya mampu membuat kulit bersih dan bercahaya tetapi juga sehat. Eca mengaku produknya diolah dari bahan berkualitas.”Produk kami terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak lidah buaya, biji bunga matahari, daun rosemary”, ungkapnya.

Eca yang kerap kali disebut sebagai beautypreneur atau pengusaha yang terjun dibisnis kecantikan mengaku ia sengaja membidik segmen pasar kelas menengah. Ia berharap strategi ini mampu melakukan penetrasi pasar dengan lebih baik. “Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. Bekerja sama dengan dokter spesialis dan apoteker, kami bekerja keras untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan kami,” imbuh Eca.

Berkat kegigihan dan semangat kerja kerasnya Eca berhasil mengembangkan usahanya hingga keluar negeri. “Beberapa produk dari Maresha Skincare sudah ada yang diekspor ke Bangkok, Singapura, hingga Perth.” ujar Echa. Untuk distribusi didalam negeri, Eca merangkul distributor lokal hingga produknya tersebar diberbagai daerah di Tanah Air. Maresha Skincare pun sudah memiliki cabang klinik kecantikan pertamanya di Bandung.

Entrepreneurship bagi Eca merupakan tantangan untuk berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan kerja keras untuk bisa mengembangkan usaha hingga maju. Tak heran berkat tekad kuatnya Eca berhasil mendapatkan “Women of Excellence Indonesia Award in Beauty” pada tahun lalu.

Eca Maresha sedang menerima Women of Excellence Indonesia Award

Ia mendapatkan penghargaan ini dikarenakan dalam rentang waktu satu tahun, Eca berhasil mengembangkan bisnis dan memasarkan produknya keberbagai daerah di Indonesia, bahkan menembus pasar luar negeri.

Eca menilai entrepreneurship di Indonesia semakin berkembang dan dengan majunya komunikasi digital semakin mempermudah pengusaha untuk menjalin relasi dan mengembangkan usahanya.

“Potensi mengembangkan usaha melalui digital sangat terbuka lebar. Sosial media tidak hanya digunakan untuk share moment kehidupan tetapi juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan penghasilan” ujar Eca.

Ia menambahkan, pengusaha muda disarankan untuk memahami secara mendalam bisnis yang digeluti. Jadi tidak hanya mengikuti tren atau viral yang sedang terjadi di masyarakat. Seain itu, pebisnis juga harus mampu menentukan dan mengembangkan bisnis yang sustainable dan memiliki prospek cerah dimasa depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top