Di Indonesia, Baru 30% yang Memanfaatkan Digital Untuk Pengembangan Bisnis

Marketingcoid – Bank DBS Indonesia melihat peluang besar bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dikelola wanita di Indonesia untuk semakin berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia. Setiap tahun, kontribusinya terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia berada di kisaran 9,1%.

Angka tersebut masih punya potensi untuk terus naik, apabila dibandingkan dengan total kontribusi SME yang ada di Indonesia. Beberapa upaya peningkatan dapat dilakukan, salah satunya dengan penggunaan platform digital secara lebih optimal.

Pada acara Kedai DBS yang dilakukan beberapa waktu lalu, Bank DBS Indonesia melihat potensi yang patut untuk segera dikembangkan, dengan memberikan lokakarya yang ditujukan bagi wanita wirausaha bertema “Kekuatan Konten Marketing untuk Bisnis”.

dukung-wirausaha-wanita-dbs-kembangkan-platform-digitalSteffano Ridwan, Director for SME Banking PT Bank DBS Indonesia, mengatakan berdasarkan hasil riset McKinsey, di Indonesia baru sekitar 30% yang menggunakan instrumen digital dalam mengembangkan usahanya.

Padahal, platform digital sangat menjanjikan, terutama untuk Indonesia dengan wilayah kepulauan. Untuk itulah, DBS Indonesia selalu menyelipkan topik-topik seputar pengembangan digital dalam usaha peningkatan bisnis UKM. Selain lokakarya, DBS Indonesia juga meluncurkan aplikasi DBS BusinessClass.

“Lokakarya ini merupakan salah satu bukti atas fokus kami dalam mendorong pertumbuhan bisnis UKM. Kami juga meluncurkan jejaring interaktif berbasis digital bernama DBS BusinessClass yang sangat berguna bagi para wirausahawan,” katanya.

Menurutnya,  ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan pengguna aplikasi DBS BusinessClass, antara lain:

Berjejaring sosial dengan para pebisnis –  Terhubung dengan lebih dari 15.000 pelaku dan pakar bisnis regional dari Singapura, China, India, Hong Kong, dan Taiwan. Sesama anggota yang terhubung dapat melakukan chat langsung dalam aplikasi.

Konsultasi dengan pakar bisnis – Temui dan peroleh langsung nasihat dan masukan bisnis dari para ahli dan advisor.

Organisir dan hadiri acara bisnis eksklusif – Aplikasi ini memberikan kesempatan anggotanya mengorganisir, mengundang, dan menghadiri acara-acara eksklusif lengkap dengan fitur konfirmasi kehadiran (RSVP). Sejak Maret tahun ini, DBS di kawasan Asia telah menyelenggarakan lebih dari 10 acara untuk membantu UKM memahami hal-hal yang berkaitan dengan menjalankan bisnis, termasuk pendanaan, manajemen arus kas, model keuangan, dan penggalangan dana.

Promosi perusahaan – Kesempatan eksposur branding perusahaan.

Tren pasar – Mendapatkan informasi mendalam mengenai topik-topik hangat seputar industri melalui artikel dan wawasan Asia milik DBS Group Research. Topik dapat dipilih pada saat mengunduh sehingga anggota hanya memperoleh informasi yang relevan dengan minat dan bidang bisnis mereka.

SME banking on-the-go – Kemudahan mengakses informasi berbagai produk dan layanan perbankan SME Bank DBS Indonesia dan dapat mengakses langsung formulir pengajuan pinjaman perusahaan.

Aplikasi DBS BusinessClass dapat diunduh secara gratis di platform iOS (AppStore) dan Android (PlayStore).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.