Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Dukung Revolusi Industri 4.0, Telkomsel Perkenalkan Telco Big Data

Jakarta, 24 Oktober 2018 –Telkomsel memperkenalkan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) kepada publik sebagai salah satu upaya mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri 4.0. Layanan Telco Big Data tersebut diperkenalkan ke publik pada Tech in Asia (TIA) di Jakarta Convention Center.

Revolusi industri 4.0 tandai dengan hadirnya sejumlah terobosan teknologi baru di sejumlah bidang, di antaranya adalah big data, IoT, robotika, kecerdasan buatan, blockchain, dan lainnya. Layanan MSIGHT Telkomsel menyasar segmen Industri, Pemerintah dan Startup.

VP Data Insight and Interface Services Development Telkomsel Mia Melinda menjelaskan, MSIGHT beroperasi secara business to business (B2B) guna memberikan nilai tambah kepada lembaga perintah serta beragam  sektor industry seperti keuangan, transportasi, e-commerce, ritel, digital, dan periklanan.

Dalam dunia industri big data diataranya berguna untuk monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung, segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu, mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan layanan.

“Produk – produk  MSIGHT meliputi Risk insight, Mobility Insight, Lifestyle Insight, dan API marketplace, menawarkan berbagai manfaat bagi pelaku usaha mulai dari peruntukan marketing communication, business intelligence, maupun risk assessment,” tambah Mia.

Lini produk Risk Insight fokus pada analisis terhadap profil risiko pelanggan dengan manfaat untuk mengelola risiko keuangan klien yang diwakili oleh produk Credit Score dan Location Score. Mobility Insight fokus pada penyediaan insight tentang pergerakan pelanggan, baik berpindah maupun menetap pada suatu lokasi yang diwakili oleh produk Skyscraper Profiler.

Suasana booth showcase layanan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) Telkomsel dalam pameran teknologi Tech in Asia (TIA), di Jakarta Convention Center, 23-24 Oktober 2018.

Lifestyle Insight fokus pada penyediaan insight yang berhubungan dengan demografi dan minat pelanggan yang diwakili oleh Syndicated insight. Sedangkan API Marketplace fokus pada penyediaan portal berbagai jenis layanan API telco dan non-telco yang dapat digunakan langsung oleh klien.

“Informasi big data yang kami peroleh akan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang diolah menjadi informasi dan insight, serta diperbarui secara berkala. Kekuatan Telkomsel dalam menyelenggarakan big data adalah pada basis 178 juta pengguna atau mewakili sebagian besar pengguna data Internet di Indonesia,” lanjut Mia.

Beberapa layanan Telco Big Data MSIGHT dalam tahun ini telah dimanfaatkan instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk melakukan studi secara lebih efisien dan mendapatkan sudut pandang yang lebih kaya, di mana aplikasinya diterapkan pada studi dampak makroekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018.

“MSIGHT kami harapkan dapat menjadi solusi inovatif bagi kebutuhan industri dan pemerintahan dalam membantu pengambilan keputusan yang strategis, dengan lebih akurat, lebih cepat, dengan jangkauan yang lebih terarah dan tepat sasaran, tutur Mia.

Dia menambahkan,  melalui MSIGHT Telkomsel berharap transformasi digital Indonesia dapat terwujud dengan memanfaatkan kelebihan dari Telco Big Data,  dimana  data bukan lagi faktor pelengkap namun sudah menjadi senjata utama untuk memenangi persaingan di berbagai bidang.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top