Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Dukung Literasi Keuangan, HSBC & PJI Selenggarakan National Innovation Challenge

Marketing.co.id – Berita Financial I Literasi keuangan kalangan muda Indonesia usia 15-17 tahun baru 16%, jauh di bawah indeks nasional 38,03%. Menyikapi kondisi tersebut, Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia gelar National Innovation Challenge dengan melibatkan 100 pelajar guna jaring solusi-solusi inovatif untuk tingkatkan kemapanan finansial generasi muda.

HSBC PJI

Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko mengatakan, Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menghadirkan Building a Financially Capable Generation (BaFCG/Generasi Mapan Finansial). Ini merupakan terobosan baru untuk membantu generasi muda dalam mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk membuat keputusan finansial yang bijak dan meraih kemapanan finansial.

Dimulai sejak Juni 2020, edukasi literasi keuangan berbasis aplikasi mobile app ini telah menjangkau 1.027 siswa SMP hingga SMA di lima kota di Indonesia; meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Bojonegoro, dan Denpasar. Penyajian BaFCG dengan metode gamifikasi yang interaktif diharapkan dapat memicu antusiasme kalangan muda untuk melek pengelolaan uang dan menjangkau kalangan yang lebih luas secara jangka panjang.

“Sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, HSBC secara berkelanjutan memberikan dukungan pendidikan bagi generasi muda di seluruh dunia, khususnya untuk literasi keuangan yang dijalankan tidak hanya di dalam inisiatif kemasyarakatan tapi juga secara bisnis. HSBC mendukung pengembangan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan di luar pendidikan akademis, seperti kecakapan finansial (financial capability),” ungkap Nuni.

Sebagai puncak implementasi program BaFCG yang telah memasuki tahun kedua ini, sebanyak 100 siswa terpilih dari SMAN 35 Jakarta dan SMKN 27 Jakarta akan berkompetisi dalam National Innovation Challenge. Mereka diberikan tantangan untuk membuat sebuah rencana komprehensif yang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman generasi muda mengenai uang. Ide ini harus dapat membantu siapapun mencapai kemapanan finansial. Satu tim dengan ide terbaik akan menjadi pemenang yang mewakili Indonesia di ajang Virtual Global Innovation Challenge, berhadapan dengan perwakilan dari 12 negara pada akhir Mei mendatang.

Ditambahkan Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, mendesaknya penguasaan generasi muda Indonesia terhadap kemapanan finansial memacu Prestasi Junior Indonesia bersama Bank HSBC Indonesia untuk terus kreatif menggagas inisiatif yang bisa mengaspirasi keterlibatan mereka.

“Kami optimis, inisiatif BaFCG dan National Innovation Challenge mampu berandil melahirkan ide-ide cemerlang yang bisa dikembangkan lebih lanjut untuk mengatasi kesenjangan literasi dan kemapanan finansial masyarakat. Jika kondisi ini lebih cepat teratasi, secara berkesinambungan, maka kesejahteraan masyarakat pun juga akan turut terealisasi,” imbuh dia.

Building a Financially Capability Generation (BaFCG/Generasi Mapan Finansial) merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia yang telah dirintis sejak 13 tahun lalu, menjangkau lebih dari 45 ribu siswa di 202 SD dan SMP di 16 kota telah memiliki pemahaman keuangan yang lebih baik untuk meraih kemapanan finansial melalui keterlibatan mereka dalam edutech Anak Cerdas, pembelajaran atraktif JA More than Money, dan aktivitas kunjungan ke kantor cabang Bank HSBC Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top