Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Platform perjalanan digital Agoda, merayakan tonggak sejarahnya yang ke-20 pada 19 Mei mendatang. Selama dua dekade, Agoda telah menjadi jembatan bagi jutaan wisatawan untuk menjelajahi keindahan dunia dengan lebih terjangkau. Untuk memperingati momen spesial ini, Agoda tak tanggung-tanggung menggelar kampanye diskon global yang sayang untuk dilewatkan.
Para pengguna dapat menikmati potongan harga hingga 60% untuk berbagai akomodasi dan layanan perjalanan lainnya selama periode 7 hingga 20 Mei. Puncak perayaan akan terjadi pada tanggal 21 Mei, di mana Agoda akan menawarkan diskon hingga 70%.
Didirikan pada tahun 2005, Agoda yang berpusat di Singapura dan memiliki basis operasional di Bangkok, kini telah menjelma menjadi pemain kunci di pasar perjalanan digital global, khususnya di kawasan Asia Pasifik. Perusahaan ini telah memperluas cakupannya secara signifikan, dari awalnya fokus pada pemesanan hotel di Asia Tenggara, hingga kini menawarkan lebih dari 5 juta pilihan akomodasi (termasuk hotel dan vila), lebih dari 130.000 rute penerbangan, serta lebih dari 360.000 pilihan aktivitas dan pengalaman menarik di seluruh dunia.
Selama 20 tahun terakhir, Agoda terus berinovasi untuk mempermudah dan memperkaya pengalaman perjalanan penggunanya. Sistem pencarian canggih yang dikembangkan memungkinkan wisatawan untuk menemukan dan memesan perjalanan impian mereka dengan mudah, sekaligus memastikan mereka mendapatkan harga terbaik.
Beberapa data menarik yang menggambarkan betapa masifnya operasional Agoda antara lain interaksi pengguna harian, dimana lebih dari dua miliar interaksi tercatat setiap harinya, mulai dari klik, scroll, hingga penggunaan filter untuk menemukan akomodasi. Agoda secara otomatis memeriksa harga hingga satu triliun kali setiap hari untuk memastikan penawaran terbaik untuk akomodasi, penerbangan, dan aktivitas bagi para pelanggannya.
Lebih dari seribu eksperimen dijalankan setiap hari untuk terus meningkatkan kualitas dan kemudahan penggunaan platform Agoda. Setiap bulannya, platform Agoda memproses data sebesar 12 petabyte (PB), sebuah angka fantastis yang setara dengan 12 kuadriliun byte penyimpanan per tahun.
CEO Agoda, Omri Morgenshtern, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian perusahaan selama dua dekade ini. “Saat merayakan ulang tahun ke-20 Agoda, kami dengan bangga mengatakan bahwa Agoda benar-benar telah menjadi salah satu marketplace perjalanan pilihan di Asia Pasifik. Keberhasilan ini adalah hasil dari komitmen yang kuat untuk membangun perusahaan teknologi berskala global – sebuah ‘Silicon Valley’ di Asia Pasifik. Ini adalah kisah tentang fokus tanpa henti pada penawaran harga terbaik dan pemahaman yang mendalam tentang budaya Asia.”
Morgenshtern juga menyoroti pentingnya inovasi sebagai kunci keberlanjutan Agoda di masa depan. Dengan melihat adanya peningkatan permintaan dari pelanggan untuk pengalaman perjalanan yang lebih personal. Kemampuan Agoda untuk memahami akomodasi dan penerbangan yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing wisatawan adalah keunggulan utama Agoda.
“Teknologi inovatif seperti generative AI memungkinkan kami untuk terus mengembangkan pengalaman pemesanan perjalanan yang lebih cerdas dan relevan. Kami sangat optimis untuk terus menjembatani dunia melalui perjalanan selama 20 tahun ke depan,” papar dia.
Lebih dari sekadar platform teknologi, Agoda juga menunjukkan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial dan pendekatan lokal di berbagai pasar tempatnya beroperasi. Melalui berbagai inisiatif seperti kampanye Eco Deals yang berhasil mengumpulkan lebih dari USD 1,3 juta untuk World Wide Fund for Nature (WWF), program lokakarya teknologi bagi pelajar di Thailand, serta lebih dari 17.000 jam kerja sukarela yang didedikasikan oleh karyawan Agoda (Agodans) untuk kegiatan sosial di seluruh dunia, perusahaan terus berupaya memberikan kontribusi positif, terutama di kawasan Asia Pasifik (APAC).