Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Drone: Dari Alat Bantu Sampai Inovasi

Kita sudah lama mengenal berbagai gadget sampai mainan yang dapat dikendalikan dari jauh (remote). Sewaktu teknologi drone akhirnya muncul, sebenarnya sudah banyak orang yang familier dengannya. Lalu, apa kehebatan drone hingga mampu membentuk pasarnya sendiri? Serta apa saja fungsi drone pada segala aktivitas pemasaran?

drone

Satu lagi teknologi yang tadinya hanya dimanfaatkan untuk keperluan tertentu seperti militer, kini menjadi tren di kalangan publik. Teknologi pengendalian jarak jauh mulai dari gadget canggih sampai mainan tanpa awak memang sudah lama populer, tapi tentu saja teknologi drone pada era digital sudah jauh lebih disempurnakan. Seiring dengan terus dikembangkannya teknologi ini, banyak industri yang mulai memanfaatkannya untuk menciptakan konten visual yang menakjubkan.

Kini drone bisa ditemukan dijual hampir di semua pusat perbelanjaan. Kita pun bisa melihat drone dipakai di banyak tempat, kebanyakan memang di daerah perkotaan. Tak peduli berbagai kritik yang muncul akibat penggunaan teknologi ini, drone yang juga dikenal dengan istilah Unmanned Aerial Vehicles (UAV), terus menjadi populer dan semakin sering digunakan di berbagai industri.

Beragam Fungsi Drone

Mulai dari fungsi pengawasan, meliput konser atau event besar, sampai ke industri real estate, fotografi pernikahan, pengiriman paket, atau pengerjaan struktur besar di luar ruangan, drone mampu memberikan inovasi yang bisa mempermudah berbagai pekerjaan terkait visual, sekaligus menciptakan tren tersendiri di industri tersebut. drone

Drone juga memungkinkan para pencipta konten untuk membuat sekaligus menyuguhkan sesuatu yang sifatnya tidak umum (mainstream) di berbagai aktivitas pemasaran. Di sisi lain, drone bisa memberikan penghematan yang cukup besar pada tahapan produksi dan kemudahan/kenyamanan dari penggunaannya. Ini membuat teknologi drone cukup user-friendly untuk diadopsi oleh orang-orang awam.

Kita sudah bisa melihat drone berseliweran di gedung-gedung, taman, maupun pantai. Kebanyakan ini diterbangkan oleh para pehobi/penggemar drone yang ingin membuat video, foto, atau konten visual tertentu. Sudah bisa ditebak, kepopuleran drone turut merambah industri marketing. Dengan drone, para pemasar bisa menghasilkan pesan pemasaran berupa konten visual yang lebih menarik.

Ada banyak model dan kemampuan teknologi yang disediakan oleh drone. Kebanyakan model yang mempunyai kapabilitas video 4K dan teknologi pengambilan foto dalam keadaan diam (still photo capture), adalah model yang dimanfaatkan para marketer untuk membantu mereka menciptakan konten bercerita yang baru.

Sekalipun banyak kelebihan dan benefit yang bisa didapat dari adopsi teknologi drone, para marketer tetap harus menghormati dan menuruti berbagai peraturan atau regulasi yang khusus diciptakan supaya penggunaannya tidak mengganggu ketertiban umum atau melanggar hak orang lain. Tentu saja segala hal yang sifatnya privasi harus selalu dihormati dan penggunaan drone tidak boleh melewati batas-batas wilayah tertentu yang sudah ditetapkan.

Regulasi tentang penggunaan drone atau UAV ini memang masih tergolong sangat baru, tetapi organisasi Federal Aviation Administration (FAA) sudah membuat beberapa aturan jelas soal operasional drone; apa yang dibolehkan dan apa saja yang dilarang. Misalnya harus mengantongi izin khusus jika hendak mengoperasikan drone di daerah tertentu secara komersil, larangan menerbangkan drone dalam jarak kurang dari 5 mil di sekitar bandara, atau tidak boleh lebih dari ketinggian 400 kaki. Tentu saja peraturan di setiap daerah bisa berbeda. Jadi, perlu disesuaikan dengan peraturan daerah setempat.

Dulu tanpa drone, pengambilan foto atau video dari ketinggian harus dilakukan dengan helikopter. Tapi tentu saja drone memberikan banyak efisiensi baik dari sisi biaya maupun kemudahan pengoperasian, sampai faktor keamanan. Coba saja bayangkan semua usaha dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk menyewa helikopter, tapi begitu Anda terbang tiba-tiba cuaca menjadi buruk atau berawan. Dengan drone, Anda hanya perlu menurunkan dan menyimpannya saja sambil menunggu cuaca membaik kembali.

Salah satu keunggulan transmisi video HD drone adalah audiens bisa melihat hasil video yang lebih detail, plus kemudahan untuk mengambil gambar yang diinginkan dari tempat atau lokasi sulit. Berpindah-pindah antarlokasi juga mudah dilakukan dengan menggunakan drone. Oleh karena itu drone sangat digemari oleh segmen pasar seperti para videografer paruh waktu atau agensi kreatif.

Teknologi dan Alat Bantu

Satu hal yang perlu diperhatikan, drone bukanlah suatu konsep untuk bisnis atau pemasaran baru. Drone hanyalah suatu teknologi, dan hanya bisa digunakan sebagai suatu tools pembantu. Marketer tidak dapat berharap hanya dengan menggunakan drone, maka konten visual dan pesan yang hendak disampaikan secara otomatis bisa tepat dan bagus.

Marketer tetap memerlukan konsep videografi yang mumpuni dan seni untuk menyampaikan pesan yang sesuai untuk target audiens tertentu. Hanya saja, drone bisa memberikan banyak kemudahan dalam hal produksi; dan marketer juga bisa mencakup lebih banyak konten hanya dengan satu macam gadget, daripada menggunakan banyak gadget yang terpisah. Hasilnya, kemampuan seorang profesional yang dikombinasikan dengan teknologi drone bisa menghasilkan pemasaran dan promo yang lebih cepat, efektif, dan efisien.

Drone sendiri juga sudah dianggap sebagai platform tersendiri untuk periklanan. Ini karena drone bisa dijalankan hampir ke mana pun dan dipasangkan dengan begitu banyak teknologi lain, sehingga menjadi platform periklanan yang ideal. Secara tradisional, aktivitas promo atau pemasaran mencakup iklan cetak, iklan TV, atau billboard.

Kini drone menyediakan peluang inovasi baru untuk bisa mengungguli segala platform yang kebanyakan bersifat pasif dan statis. Drone bisa menyampaikan pesan perusahaan ke konsumen secara lebih langsung dan agresif. Contohnya beberapa perusahaan atau pengiklan sudah mulai menggunakan drone untuk menerbangkan spanduk atau poster di atas event-event besar. Drone bisa digunakan untuk menangkap konten sekaligus membagikan konten tersebut.

Kreasi Tanpa Batas

Selain digunakan sebagai tools untuk pemasaran, para pemasar juga bisa memanfaatkan teknologi drone sesuai dengan kreativitas mereka, yang hampir tak ada batasnya. Sebuah drone tak hanya bisa difungsikan sebagai sebuah karakter, billboard, atau kamera, melainkan bisa juga menjadi komponen tersendiri dari suatu seni memasarkan produk.

Intel pernah menggunakan sebanyak 500 drone untuk menyemarakkan konser Lady Gaga di Super Bowl. Mereka memprogramnya agar bisa bergerak secara sikron dan membentuk pola-pola yang diinginkan, seperti menganimasikan logo Intel di langit pada malam hari, disesuaikan dengan irama musik dari konser.

Film pendek yang dihasilkan dari kerja sama antara merek Red Bull dan Cut Media, menampilkan aksi pro biker gunung Danny Macaskill yang menguji kemampuannya menantang maut di lokasi bernama Cuilin Ridgeline. Video ini mampu mengumpulkan 43 juta YouTube views dan menjadi salah satu konten iklan video yang paling mengesankan sampai saat ini. Aksi tersebut bisa ditampilkan secara lebih detail berkat bantuan dari penggunaan drone.

Tahun 2016 lalu, Telkomsel juga memanfaatkan drone untuk menunjukkan keandalan layanan broadband mereka melalui Ekspedisi Elang Nusantara. Dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 meter diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia, sepanjang 8.500 kilometer melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia. Selama program, kedua drone merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa.

Elang Barat memulai perjalanan dari Sabang dan menempuh beberapa kota di antaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, dan Malang. Sementara Elang Timur berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo. Di akhir perjalanan, kedua drone tersebut bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Selain menangkap berbagai keindahan alam Indonesia, dalam perjalanannya Elang Barat dan Elang Timur juga menyapa masyarakat yang berada di kota-kota yang dilewati.

Jika digunakan dengan tepat, drone bisa menjadi tools yang ampuh untuk menyuguhkan suatu performa visual yang berkesan, sebagai saluran untuk menciptakan impresi jangka panjang bagi target audiens suatu merek. Seiring dengan terus dikembangkannya fitur dan kemampuan programming yang bisa diterapkan pada teknologi drone, semakin banyak pula industri yang tertarik memanfaatkannya untuk menciptakan materi iklan atau konten visual menarik.

 

Ivan Mulyadi

MM.09.2017/W

 

“Semakin banyak industri mulai memanfaatkan teknologi drone untuk menciptakan konten visual yang memorable.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top