News & Event

Dongkrak Wisatawan Malaysia dan Singapura Lewat Amazing Deals to Indonesia

Marketing, Jakarta – Traveloka dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama untuk menggenjot kunjungan wisatawan Malaysia dan Singapura ke Indonesia. Kerja sama ini diwujudkan dalam program bertajuk Amazing Deals to Indonesia dan difokuskan untuk musim liburan natal dan tahun baru.

Program promo tersebut mencakup berbagai produk dan jasa end to end Traveloka, mulai dari akomodasi, paket transportasi dan akomodasi serta Xperiences. Penawaran dikemas dalam bentuk pembelian tiket perjalanan yang hanya dapat diakses khusus wisatawan Singapura dan Malaysia yang ingin menghabiskan momen akhir tahunnya di Indonesia. Periode penawaran berlaku mulai 1 Desember hingga 31 Desember 2019.

Bukan tanpa alasan Traveloka dan Kemenpar & Ekonomi Kreatif menyasar wisatawaan kedua negara. Menurut Rizki Handayani, MBTM-Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kemenpar, Malaysia dan Singapura masuk dalam kelompok negara dengan jumlah kunjungan wisatawan tertinggi ke Indonesia. Hingga Oktober 2019, sebanyak 241,1 ribu (17,80% dari tota wisatawan asing) berasal dari Malaysia dan sebanyak 1452, ribu (10,72% dari total wisawatan asing) berasal dari Singapura.

Lebih jauh Rizki mengatakan, kerjasama Travelola dan Kemempar dilandasi dua hal, yakni memberikan harga murah (paket wisata) di akhir tahun dan untuk meningkatkan eksposur merek Travelola dan destinasi wisata Indonesia di pasar kedua negara. “Malaysa dan Singapura dekat Indonesia, sehingga peluang wisatawan kedua membeli paket wisata kita juga tinggi,” tutur Rizki.

Selain faktor jarak, kehadiran kantor perwakilan Traveloka di dua negara tersebut juga menjadi faktor pertimbangan. Seperti dituturkan John Safenson, VP Market Management Accomodation Traveloka, Traveloka sudah hadir Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, bahkan Australia.

John mengungkapkan, ada sekitar 100 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam program ini. Adapun paket- destinasi unggulan yang ditawarkan antara lain  Medan, Yogyakarta, Lombok, dan Labuan Bajo. “Pengguna Traveloka di Malaysia dan Singapura akan mendapatkan diskon hingga 20% dari hotel-hotel yang bergabung di program ini,” jelas John.

(Kika): Sufintri Rahayu, Public Relations Director Travelola mengatakan, data internal Travelola; Yadi Gutiana, Senior Vice President Global Partnership & Insurance Traveloka Group; Rizki Handayani, MBTM-Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kemenpar; John Safenson, VP Market Management Accomodation Traveloka, berfoto bersama usai menggelar jumpa pers, di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Sufintri Rahayu, Public Relations Director Travelola mengatakan, data internal Travelola memang menujukkan, Malaysia dan Singapura merupakan dua negara dengan tingkat kunjungan tertinggi ke Indonesia. “Karena itu perlu mendapatkan apresiasi dan perlu dibuat sebuah program untuk semakin memudahkan mereka mengakses informasi maupun pembelian paket wisata di Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, Yadi Gutiana, Senior Vice President Global Partnership & Insurance Traveloka Group mengatakan, kerja sama Traveloka – Kemenpar dimulai sejak tahun 2018 lalu dan akan berlanjut hingga 2020. “Fokus kerja sama Traveloka dengan Kemenpar & Ekonomi Kreatif di tahun 2019 – 2020 adalah dengan melakukan co-creation dan collaboration untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia ke luar negeri, salah satunya melalui promo Amazing Deals to Indonesia,” urai Yadi

Menariknya promosi wisata ini tidak hanya berlangsung di ranah online, namun juga secara offline melalui media luar ruang. Promo Amazing Deals to Indonesia juga dimunculkan di 30 titik Billboard yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di Malaysia dan Singapura seperti Orchard Road Singapura, Bukit Bintang Malaysia, serta Bandara Internasional Changi dan Kuala Lumpur. “Ini merupakan bentuk co-creation, tugas Kemenpar yakni mempromosikan program Amazing Deals to Indonesia melalui 30 billboard di dua negara,” tandas Rizki.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top