Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Dongkrak Kualitas Diri, Tingkatkan Prestasi

kualitas diriMeningkatkan kualitas diri sangat penting bagi semua orang. Entah itu untuk Anda yang ingin melamar kerja, mempromosikan bisnis yang sedang Anda mulai, atau meningkatkan nilai positif terhadap orang sekeliling.

Namun meningkatkan kualitas diri bukanlah hal mudah. Banyak orang mencoba mengubah kepribadiannya agar lebih bernilai, namun tidak berhasil, terutama untuk melamar sebuah perkerjaan.

Berikut adalah 10 tips yang dapat meningkatkan kulitas diri Anda di depan orang lain.

     1.       Tulis Biografi Profesional

Ini sangat penting Anda lakukan ketika hendak melamar kerja. Hanya menampilkan resume diri kerap dianggap kurang formal, maka Anda perlu menjelaskan Professional Value Proposition (PVP). Tuliskan beberapa pengalaman kerja Anda, dan kenapa perusahaan tersebut harus menerima Anda.

     2.       Hafalkan Biografi Singkat

Ketika melamar suatu pekerjaan, kemungkinan besar Anda kembali disuruh menjelaskan CV Anda. Bukan bermaksud untuk mengerjai, tapi ini akan memberi penilaian bahwa biografi yang Anda tulis benar. Jadi coba hafalkan dengan cepat, sekitar 30 detik atau kurang (namun tetap mewakili semua biografi Anda). Kesan pertama seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri di mata calon atasan.

     3.       Deskripsi Diri

Rangkum semua pribadi Anda dalam dua sampai empat suku kata. Sama seperti jargon pada sebuah produk, dengan menjelaskan diri Anda secara singkat, maka Anda benar–benar mengenal diri Anda. Tapi ingat, kembali kepada jargon, buat seolah diri Anda sangat menarik. Contohnya, pernyataan “Saya seorang pelukis cahaya” akan lebih menarik ketimbang mengatakan “Saya adalah seorang fotografer”.

     4.       Kartu Nama

Meski belum bekerja pada sebuah instansi tertentu, Anda memerlukan kartu nama untuk meningkatkan kualitas diri agar terkesan lebih profesional. Buat saja sebuah kartu nama sederhana yang menjabarkan tentang diri Anda secara singkat, serta masukkan pula info kontak yang bisa dihubungi pada bagian belakang kartu nama.

     5.       Penampilan

Menjaga penampilan sangat penting untuk memberi kesan pertama. Kenakan pakaian rapi, sopan. Satu hal lagi, mengenakan pakaian yang pas di badan akan membuat lawan bicara Anda tertarik.

     6.       Perilaku

Tentu saja casing bagus tidak menjamin isinya, maka Anda perlu menampilkan perilaku yang baik pula untuk membuat lawan bicara Anda terkesan, entah itu secara interpersonal ataupun kelompok.

     7.       Profil Media Sosial

Ada beberapa perusahaan yang mengamati profil media sosial calon karyawannya, meski ada juga yang tidak peduli, apa salahnya jika mulai sekarang Anda memperhatikan media sosial Anda. Mulai dari penggunaan nama, foto, status, hingga komentar yang diberikan teman–teman Anda.

     8.       Apa yang Anda Suarakan

Ini adalah mengenai apa yang Anda katakan di media sosial, blog, atau website pribadi Anda. Suara menentukan kepribadian. Jika Anda sering menyuarakan tentang isu–isu politik secara rutin (mingguan atau bahkan harian), Anda akan dianggap sebagai pengamat politik. Jika menyuarakan tentang lingkungan sosial, maka nilai sosial Anda dianggap tinggi, dan semacamnya. Coba pikirkan beberapa hal untuk disuarakan, hal yang sesuai dengan kepribadian dan cita–cita Anda.

Mulai sekarang, terapkan kedelapan hal di atas secara teratur, maka tanpa Anda sadari, nilai kualitas diri Anda di mata orang lain akan lebih meningkat dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Sumber: Ragan.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top