Dongkrak Citra Lewat Indonesian Idol

www.marketing.co.id – Sering nonton Indonesian Idol? Pasti tidak asing dengan tagline ini, “Cross, Your Pride, Your Idol”. Tagline tersebut terkait erat dengan Cross Mobile sebagai sponsor utama program acara ini. Apa yang melatarbelakangi?

PT Aries Indo Global, pemilik merek Cross Mobile, jatuh hati mensponsori Indonesian Idol. Alasannya, program acara ini dinilai selalu menyedot perhatian publik dan rating-nya selalu tinggi.

Janto Djojo, Marketing Director PT Aries Indo Global, membenarkan hal itu. Ia menjelaskan, sebetulnya Cross Mobile sudah mengincar Indonesian Idol sejak setahun silam. Waktu itu, bosnya meminta ia mencari program TV yang spektakuler di tahun 2012 untuk meningkatkan citra Cross. Usai melirik sana-sini, Indonesian Idol yang terpilih. Salah satu pertimbangannya, karena karakteristik program acara ini klop dengan misi Cross juga, yakni menembus ke segala lapisan.

Ajang pencarian bakat tersebut, menurut Janto, nampak elegan dan sederhana. Penontonnya pun tidak sedikit, tapi juga tidak terlalu banyak. Ini terkait kunci menjalankan product placement, yaitu harus memperhatikan betul tingkat intensitas publik. Berbeda dengan program TV, terkecuali film dengan intensitas publik yang berlebihan juga kurang baik. Seperti, pertandingan sepakbola yang riuh, tetapi sayangnya kebanyakan penonton pasti hanya fokus ke pertandingan ketimbang merek yang ada di jersey pemain atau di sekeliling lapangan.

Begitu juga product placement di film bioskop, harus diperhitungkan sebelumnya berapa jumlah penonton yang akan hadir.

Product placement bertujuan memengaruhi brand attitude konsumen. Hal ini pula yang mendasari Cross Mobile melakukan product placement. Janto berujar, Cross sedang berusaha shifting top of mind dari segmen SES C menuju SES B, seiring upayanya menjajal pasar ponsel berbasis Android. Cross Mobile Andromeda 7 merupakan seri ponsel Android terbarunya.

Sejak itu Brand perception Cross naik bukan saja di SES C, namun konsumen di SES B juga sudah awaredengan merek ponsel ini. Bahkan, para diler kian bersemangat menjual ponsel Cross lantaran ponsel ini sudah diasosiasikan sebagai ponselnya Indonesian Idol. Brand association tersebut juga sampai ke level end user. Ini mengindikasikan bahwa image Cross sudah naik. Semua keberhasilan itu dicapai berkat terintegrasinya pemasaran Cross Mobile.

Ditanya soal kinerja, Janto memaparkan, saat ini di pasar feature phone, Cross menduduki posisi nomor 1. Perbandingan  penjualan (dalam unit) dengan pesaingnya yang berada di posisi kedua adalah 6:9. “Yang jelas, fokus kami sekarang adalah menggempur pasar ponsel Android dan meningkatkan awareness terus hingga tertancap kuat di segmen menengah dan atas nantinya,” tandas dia. (Andri Darmawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.