Portal Lengkap Dunia Marketing

Tokoh Bicara

Direktur PT Kobe Boga Utama ini Sejak Belia Sudah Pimpin Perusahaan (2)

Marketing.co.id – Sebuah perusahaan harus selalu tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan konsumen. Pasalnya pasar sangat dinamis, sehingga dia selalu mencari inovasi baru. Di sisi lain, dinamika pasar tidak bisa disikapi dengan cara-cara lama. Karena itu dia membuang jauh-jauh istilah “dari dulu sudah begitu”.

“Inovasi dan perubahan harus menjadi norma. Ini menurut saya kunci untuk terus meningkatkan daya saing perusahaan dalam era hyper competitive saat ini,” jelas tandas Desideria Utomo, Direktur PT Kobe Boga Utama.

Salah satu inovasi yang berhasil dikembangkan Desideria dan tim yakni produk BonCabe. BonCabe merupakan pionir sambal tabur kemasan di Indonesia. BonCabe menyasar segmen anak muda yang menyukai rasa pedas. “Komunikasi kami, bahwa rasa pedas bisa dinikmati dengan cara yang baru. Selama ini rasa pedas hanya melalui saus atau sambal,” terangnya.

Kesuksesan BonCabe di pasar membuat PT Kobe Boga Utama memiliki dua produk unggulan, yakni BonCabe dan KOBE. Merek KOBE—singkatan dari Kata Orang Banyak Enak—merupakan produk tepung bumbu yang menyasar para ibu. Salah satu strategi dalam mengedukasi pasar dilakukan melalui program Cooking Class. Pada program ini Kobe mengedukasi para ibu tentang menu-menu yang bisa dibuat dari tepung KOBE dan cara menjalankan usaha. “Kami juga mengedukasi bagaimana makanan yang dihasilkan punya nilai jual yang baik,” tuturnya.

Keluarga dan Aktivitas Sosial

 Keluarga Desideria menganut nilai-nilai yang di budaya barat sendiri mungkin masih menjadi kontroversi. Peran tradisional ibu dan ayah sudah ditanggalkan. Pembagian peran di rumah sesuai dengan talenta, minat, dan bakat masing-masing, bukan sesuai stereotipe. “Saya tahu bahwa ini tidak sering ditemui, bahkan di negara-negara barat sekalipun. Tugas memasak contohnya, lebih sering jatuh kepada istri, tapi buat kami it works,” ucapnya.

Meski begitu, saat weekend dia kerap memasak di dapur. Masakan yang dibuat menggunakan produk-produk Kobe, karena dia ingin memposisikan diri sebagai konsumen Kobe. Masakan favoritnya adalah mi goreng menggunakan Saus Tiram Selera Kobe.

kobe group, kobe, bumbu masak, bumbu racik, penyedap masakan, FMCG, industri, Desideria Utomo Direktur PT Kobe Boga Utama.

Desideria Utomo, Direktur PT Kobe Boga Utama. Foto: Majalah Marketing/Lialiliyanti

Di tengah kesibukannya memimpin perusahaan, Desideria menyempatkan diri untuk aktif di kegiatan sosial. Dia ikut mendukung program pengadaan air bersih di Pulau Sabu. Selain itu, dia juga ikut memberikan beasiswa kepada anak-anak perajin tenun di pulau kecil di NTT tersebut. “Saya terlibat di kegiatan ini sudah sejak 10 tahun lalu,” tandasnya.

Bulan April merupakan momen istimewa bagi kaum wanita Indonesia, karena setiap 21 April dikenang sebagai Hari Kartini. Menurutnya, RA Kartini merupakan pahlawan nasional yang mendobrak paradigma dan keterkungkungan wanita di zamannya. “Tapi, di masa kini kita mengenal banyak Kartini lainnya yang berjuang untuk wanita, untuk masa depan anak-anak dan keluarga mereka,” pungkasnya.

Editor: Hanantiwi Adityasari

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top