Digelar Selama 7 Hari, HARBOLNAS 2014 Dorong Perekonomian Digital dan Produk Lokal

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 2024 resmi dimulai di Main Atrium, The Park Pejaten. HARBOLNAS, sebuah inisiatif bersama yang melibatkan pemerintah, pelaku e-commerce, dan UMKM, bertujuan untuk mendorong transaksi online serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Memasuki tahun ke-13, acara ini didukung penuh oleh berbagai kementerian seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Komunikasi dan Digital, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata, dan Kemenko UMKM.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Hilmi Adrianto, menyampaikan bahwa HARBOLNAS 2024 akan berlangsung lebih lama, yaitu selama tujuh hari penuh, dibandingkan dengan tiga hari pada tahun-tahun sebelumnya. “Pada HARBOLNAS 2023, nilai penjualan mencapai Rp25,7 triliun, meningkat dari Rp22,7 triliun di tahun sebelumnya. Kami optimis tahun ini target penjualan bisa menembus angka Rp40 triliun,” ujar Hilmi.

Hilmi juga mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM Indonesia dengan membeli produk-produk lokal selama HARBOLNAS. “Mari kita beli dan pakai produk Indonesia untuk kesejahteraan bersama,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengungkapkan bahwa HARBOLNAS memberikan dampak positif pada perekonomian, terutama di sektor digital dan e-commerce. “Pada 2023, sektor digital Indonesia tumbuh 13%, dengan nilai mencapai 80 miliar dolar AS, dimana e-commerce mendominasi dengan 65 miliar dolar. Ini menunjukkan bahwa daya beli masyarakat Indonesia tetap kuat, terutama untuk produk FMCG dan barang teknologi,” jelas Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga juga menyampaikan bahwa HARBOLNAS turut mendukung sektor pariwisata dengan mendorong penjualan tiket dan promosi liburan Natal dan Tahun Baru. “Tidak ada yang berlibur tanpa belanja, dan tidak ada yang belanja tanpa berlibur. Keduanya saling berkaitan,” tambahnya.

Selain itu, HARBOLNAS 2024 akan dilanjutkan dengan program Bina #BelanjadiIndonesiaAja pada 20—29 Desember, yang menampilkan kampanye EPIC Sale (Every Purchase Is Cheap). Dalam program ini, sebanyak 80.000 outlet akan memberikan diskon besar-besaran, bekerja sama dengan perbankan dan pelaku usaha lainnya.

“Harapan kami, HARBOLNAS dan program lanjutan ini akan mendongkrak daya beli konsumen serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal keempat,” pungkas Airlangga.

Molly Prabawaty, Plt. Dirjen Komunikasi Publik dan Media, juga menyoroti pentingnya dukungan infrastruktur selama HARBOLNAS. “Kami fokus pada peningkatan kapasitas operasional penyedia logistik, menambah armada dan personel untuk memastikan pengiriman yang cepat dan tepat waktu. Selain itu, operator telekomunikasi memperkuat jaringan dan bandwidth untuk mengatasi lonjakan trafik, sementara platform e-commerce mengoptimalkan aplikasi seluler agar lebih responsif. Beberapa operator juga menawarkan promosi pulsa dan paket data khusus untuk mendukung kelancaran belanja online,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here