Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Dicari: ‘Content Strategist’ dengan Keahlian ‘Public Relations’

Maraknya content marketing mulai dilirik sebagai peluang karir baru, baik bagi para marketer maupun para praktisi PR. Namun, dibutuhkan seseorang dengan kemampuan merancang konten yang baik untuk menjawab tantangan ini. Dengan begitu mereka dapat membuat konten yang tepat di kanal yang tepat.

Posisi Content Strategist merupakan jabatan yang merangkum kebutuhan tersebut. Content Strategist sendiri adalah sebutan dari berbagai posisi yang berperan dalam menentukan strategi untuk konten di media, baik itu website, blog, ataupun media sosial. Jabatan ini terbuka bagi para praktisi PR dan pemasar.

Untitled-3

Joe Pulizzi dan Content Marketing Institute memberikan gambaran yang jelas tentang content strategist dan posisi apa saja yang berada di bawahnya. Beberapa dari posisi tersebut dapat diisi oleh para praktisi PR. Berikut ini posisi tersebut:

1. Chief Content Officer/Managing Editor/Channel Master

Posisi ini akan cocok untuk Anda yang sudah berpengalaman menangani media, mengetahui banyak konten yang sesuai untuk berbagai media, juga memiliki wawasan dalam membuat press release yang baik. Ketrampilan ini juga sangat baik sebagai dasar bila Anda ingin melangkah lebih jauh di bidang strategi konten.

2. Chief Listening Officer/Director of Audience

Tidak ada strategi yang benar-benar perfect dalam membuat konten menarik. Satu-satunya cara adalah dengan membuatnya, mengujinya, kemudian menyempurnakannya. Proses inipun harus dilakukan secara konsisten.

Ini akan sangat cocok untuk para PR, mengingat dalam menjalankan tugasnya, mereka harus mendengarkan apa yang dikatakan para stakeholder tentang merek. Jadi, komunikasi dua arah adalah hal yang selama ini sudah melekat dengan diri para PR.

3. Influencer Relations

Posisi ini tidak berbeda jauh dengan media relations, atau bahkan ini adalah perkembangan dari media relations. Anda cukup memberikan cerita yang menarik kepada para wartawan, dijamin mereka tidak akan pergi dan menulis berita tersebut sesuai keinginan Anda. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menjaga hubungan baik tersebut.

Nah, apakah Anda tertarik dengan posisi-posisi di atas? Mana kira-kira yang cocok dengan Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top