Investor Optimis Sektor Ritel Indonesia Tumbuh Kuat di Tengah Dinamika Ekonomi Global
Marketing.co.id ā Berita Marketing | Sektor konsumen dan ritel di Indonesia terus menunjukkan proyeksi yang positif serta ketahanan minat yang baik di tengah berbagai dinamika ekonomiĀ global dan nasional. Hal ini menjadi fokus pembahasan dalam acara bedah investasi yangĀ diselenggarakan oleh Init-6, OCBC Ventura, dan Trihill Capital.
Acara ini mengupas secaraĀ mendalam potensi sektor konsumen dan ritel serta peluang strategis untuk mendorongĀ pertumbuhan bisnis di 2025.Ā Topik ini diangkat dengan latar belakang konsumsi domestik yang tetap menjadi salah satuĀ pilar utama perekonomian Indonesia. Pada 2024, konsumsi domestik tercatatĀ berkontribusi sebesar 57% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), menegaskan peranĀ krusialnya dalam mendukung stabilitas ekonomi negara.
Oleh sebab itu, sektor konsumen dan ritel kini menjadi salah satu industri yang sangatĀ menarik perhatian investor, melengkapi fokus mereka yang sebelumnya lebih terarah pada bisnis rintisan berbasis teknologi. Namun demikian, para investor tetap mengedepankan pendekatan selektif dalam menentukan perusahaan yang akan didanai.Ā Selain mengutamakan potensi pertumbuhan yang cepat, mereka juga menilai keberlanjutanĀ bisnis dan kekuatan model bisnis sebagai faktor penting dalam pengambilan keputusanĀ investasi.
Sebagai perusahaan pendanaan ventura, Init-6, OCBC Ventura, dan Trihill Capital aktifĀ mendukung pertumbuhan sektor ritel melalui berbagai program pendanaan dan kolaborasiĀ strategis. Selain menyediakan modal, mereka juga mempertegas peran modal venturaĀ (venture capital) sebagai mitra strategis bagi para pelaku bisnis dalam mempercepatĀ pertumbuhan dan perkembangan usaha. Pendanaan yang ditawarkan mencakup berbagaiĀ bentuk seperti pendanaan ekuitas, venture debt, hingga surat utang, yang dirancang untukĀ memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan. Pemilihan jenis pendanaan ini perlu disesuaikanĀ dengan tahap perkembangan bisnis, kebutuhan dana, dan profil risiko perusahaan,Ā memastikan solusi yang optimal untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.
Sebagai contoh, beberapa brand di sektor konsumen dan ritel telah memperoleh dukungan dari Init-6, termasuk Torch dan UMA Women. Rexi Christopher, Venture Partner dari Init-6 mengatakan, āPortofolio Init-6 di sektor konsumen juga beragam, belum Ā lama ini Init-6 berinvestasi pada brand lifestyle, Torch yang menargetkan untuk memilikiĀ 50 gerai toko di 2029 dan memperluas jangkauan pasar ke luar Indonesia. Yang terakhir, Ā Init-6 mengumumkan investasi strategis di UMA Women, brand sanitasi dan kesehatan Ā wanita organik, demi mendukung keberlanjutan produk kewanitaan organik yang dapat Ā diakses secara inklusif dan luas.ā
Dyah Trisnawaty, Portfolio and Advisory Head OCBC Ventura menambahkan, “Tahun ini,Ā kami mendanai tiga bisnis ritel antara lain Vilo, FTL Fitness dan Kopitagram, yangĀ memenuhi kriteria penting kami: skalabilitas, pertumbuhan yang berkelanjutan, dan unitĀ economics yang kuat. Kami percaya, dengan pemerintahan baru dan prospek ekonomiĀ Indonesia yang menjanjikan, ini adalah waktu dan momentum yang tepat dalamĀ mendorong pendanaan untuk inovasi dan pertumbuhan di sektor ritel.”
Trihill Capital juga mengumumkan dua portofolio investasi di sektor ritel terbaru di 2024, Ā yakni SeāIndonesia dan hiboo baby. āSebagai investor awal, Ā kami bangga melihat bagaimana di Se’Indonesia dan hiboo baby tidak hanya meraih kesuksesan Ā bisnis, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Se’Indonesia Ā telah berhasil menjawab tantangan akses terhadap konsumsi protein berkualitas, sementara Ā hiboo baby telah memberikan solusi inovatif untuk kebutuhan perawatan kulit bayi dengan Ā harga yang terjangkau. Kami yakin bahwa investasi kami pada kedua perusahaan ini akan Ā terus memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi jutaan orang di Indonesia.” Valerianus Ian Sulaiman, VP of Investments Trihill Capital.