Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Di Masa Pandemi Wealth Management Tetap Diminati Kelas Menengah

Marketing.co.id— Berita Financial Services | Di tengah pandemi minat masyarakat untuk berinvestasi tetap meningkat, terutama dari segmen kelas menengah. Hal ini antara lain didukung ketersediaan infrastruktur perbankan digital yang memudahkan dalam berinvestasi. Salah satu bank yang mencatatkan pertumbuhan bisnis Wealth Management yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Hingga 30 November 2020, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini mencatatkan pertumbuhan asset under management (AUM) pada bisnis Wealth Management sebesar 16% dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, kenaikan tersebut didorong oleh meningkatnya minat nasabah untuk mengalokasikan dana yang tidak terpakai di masa pandemi ke berbagai instrumen investasi.  Selain itu, kondisi ekonomi yang belum kondusif juga membuat sebagian nasabah menahan diri untuk berinvestasi langsung dalam kegiatan usaha, sehingga dana yang ada ditempatkan pada instrumen investasi seperti obligasi dan reksa dana.

“Kami menerapkan strategi yang tepat dengan mengoptimalkan kanal distribusi melalui perbankan digital yang memberikan customer experience lebih baik. Diawali dengan menghadirkan fitur investasi pada aplikasi digital banking OCTO Mobile di kuartal pertama 2020. Fitur tersebut hadir di saat yang tepat sehingga langsung dapat dimanfaatkan nasabah yang membutuhkan solusi investasi dari mana saja dan kapan saja,” kata Lani di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Usung Filosofi “Pelanggan Selalu Benar” LG Kembali Sabet CX SQA

Melalui fitur investasi tersebut, nasabah dapat membuka rekening reksa dana untuk pertama kalinya langsung dari smartphone, memilih dan membandingkan berbagai jenis tipe produk reksa dana dan melakukan transaksi pembelian (subscription), penjualan kembali (redemption), dan pengalihan (switching) tanpa harus datang ke kantor cabang.

Nilai minimum investasi juga sangat terjangkau (mulai dari Rp100.000) dan nasabah dapat selalu memantau nilai investasinya yang terkini. Fitur-fitur ini sangat menarik bahkan untuk nasabah yang belum terbiasa berinvestasi pada instrumen reksa dana.Sebagai tambahan, nasabah juga berkesempatan untuk menerima Laporan Konsolidasi (combined statement) portofolio nasabah, termasuk produk investasi, yang dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail).

Sumber gambar: http://www.cashflowrealtor.com/wp-content/uploads/2013/11/Money-Making.jpg

Inovasi tersebut disusul dengan peluncuran beragam fitur investasi lainnya, sehingga pilihan instrumen investasi nasabah yang tersedia di OCTO Mobile semakin bervariasi. Tidak hanya reksa dana tapi juga surat berharga negara seperti obligasi dan sukuk. Dengan fitur investasi yang lengkap, nasabahsemakin mudah dalam mengelola investasi sehingga lebih produktif meskipun di tengah pandemi. Hal inilah yang mendorong kinerja bisnis Wealth Management tetap positif di kondisi yang menantang.

Baca juga: Bank DBS Indonesia Prediksi Pertumbuhan Wealth Management Indonesia Meningkat

Lani menjelaskan, selain melalui platform digital, kanal distribusi konvensional juga tetap menjadi pilihan sebagian nasabah terutama nasabah CIMB Preferred. CIMB Niaga memberikan layanan optimal dengan didukung  Relationship Manager (RM) yang profesional. Guna meningkatkan kapasitas RM yang lebih baik, CIMB Niaga secara rutin melakukan edukasi berkelanjutan tentang produk dan layanan yang ditawarkan.

Adapun instrumen investasi yang diminati nasabah umumnya adalah produk yang memberikan imbal hasil tetap dan memiliki risiko yang minimal terhadap pokok dana yang diinvestasikan. Karena itu, produk-produk seperti obligasi pemerintah, reksa dana pasar uang, dan market link deposit (MLD) menjadi pilihan favorit nasabah selama masa pandemi.

“Ke depan, kami optimis bisnis Wealth Management akan terus berkembang seiring dengan perbaikan ekonomi dan dilakukannya program vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah. Kami juga akan terus mengoptimalkan penggunaan digital banking untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam berinvestasi,” tutup Lani.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top