
Ukir Sejarah Baru, Dentsu dan Moonton Menjalin Kemitraan Resmi Esports Mobile Legends Indonesia
Marketing.co.id – Berita Marketing | dentsu Indonesia mengukuhkan posisinya sebagai pionir marketing Gaming dan Esport setelah menjalin kemitraan resmi dengan PT Monster Entertainment Indonesia, entitas Indonesia dari Moonton Shanghai Technology, sebuah perusahaan piranti lunak dan developer dari game Mobile Legends: Bang Bang dan juga turnamen esports Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia.
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang kerja sama dalam rangka mendukung dan membesarkan Ekosistem Esports di Indonesia ini dilaksanakan di Cinepolis Cinemas Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (21/6).
Baca Juga: MPL Indonesia, Liga Esport Terbaik di Dunia
Tujuan dari penandatanganan MoU tersebut adalah untuk menetapkan upaya atau langkah-langkah agar esports semakin dilirik oleh brand maupun pengiklan, baik dari industri yang bersangkutan maupun industri di luar esports.
Head of Business Development Moonton Esports Indonesia Martinus Manurung dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa ini adalah sejarah baru bagi industri esport di Indonesia dengan terjalinnya kolaborasi resmi antara salah satu perusahaan marketing agency terbesar di dunia dan perusahaan pengembang game nomor satu di Indonesia.
“Ke depannya, kami akan bersama-sama meneliti dan melihat lebih jauh kesempatan apa saja yang dapat dilakukan oleh dentsu Indonesia serta bagaimana Moonton akan mendukung hal tersebut demi mempopulerkan esports dan memberikan dampak positif bagi industri dan komunitas esports di Indonesia,” ujar Martinus.
Di sisi lain, penandatanganan MoU ini juga memberikan angin segar bagi MPL Indonesia. Selain menjadi partner esports dentsu Indonesia, liga Mobile Legends: Bang Bang nomor satu di Indonesia ini juga menjadi solusi periklanan bagi industri media di Indonesia secara umum melalui channel dentsu Indonesia.
Chief Growth Officer dentsu Indonesia Laode Hartanto menyampaikan bahwa dentsu Indonesia dengan hangat menyambut kerja sama dengan Moonton Indonesia untuk membesarkan ekosistem esport di Indonesia.
“Sebagai marketing services network terintegrasi di dunia, kami berharap hal ini bukan saja sebatas kerja sama bisnis, tetapi juga ambisi memajukan industri untuk bersama maju lebih kuat dan pesat dengan pertumbuhan lebih besar di masa depan,” harap Laode Hartanto.
CEO, Media, dentsu Indonesia Aloysia Dian menambahkan bahwa ada peluang bagi brand untuk memanfaatkan ekosistem Gaming san Esport yang saat ini berkembang pesat di Indonesia, terutama dalam hal memasarkan produk atau jasa secara unik dan relevan kepada audiens Gen Z dan Milenial.
“Kami melihat adanya peluang bagi brand untuk memanfaatkan ekosistem Gaming & Esports yang berkembang pesat di Indonesia terutama dalam hal memasarkan produk atau jasanya secara unik dan relevan kepada audiens Gen Z dan milenial. Dengan keahlian tim kami di dentsu Indonesia dan dukungan dari Moonton, kami siap melaju berinovasi di bidang esports untuk memberikan solusi pemasaran terbaik bagi klien kami, dan tentunya mendukung perkembangan ekosistem esports di Indonesia,” pungkasnya.
Selain mengumumkan kerja sama antara dentsu Indonesia dan Moonton, dalam kesempatan tersebut dijelaskan juga Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 12, mulai dari perubahan roster, perubahan venue, hingga penambahan tim peserta MPL Indonesia, dimana Dewa United akan bergabung dengan 8 tim MPL lainnya untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp5 miliar.