DarahkuBiru.com: Situs Lokal # 1 Para Pecinta Denim di Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

www.marketing.co.id – Anda seorang pecinta denim? Seberapa fanatik Anda saat berbicara mengenai denim dan turunannya, mulai dari jeans, dst? Dari hasil survei kecil-kecilan yang sudah saya lakukan, mayoritas anak muda Jakarta (sebagai sampel mewakili kota besar) yang ingin mengetahui mode dan gaya hidup terkini terkait denim, selalu merujuk ke Darahkubiru.com.

Pemred Marketing.co.id (ki) Andika Priyandana dan Pendiri Darahkubiru (ka) Direz Zender

Darahkubiru.com didirikan oleh saudara sepupu saya, Direz Zender (nama panggung, nama aslinya belum mau diketahui) pada tahun 2009 untuk memenuhi dahaga informasi para pecinta denim yang belum mampu dipenuhi situs dan forum-forum lokal yang ada pada masa tersebut.

Pada mulanya, Direz mengelola Darahkubiru.com secara paro waktu dan belum menjadikannya sebagai kegiatan utama. Saya masih mengingat masa-masa tersebut, saat saya rajin mengantar Direz ke kantor karena tujuan kami yang searah. Direz memutuskan untuk mengelola Darahkubiru.com secara penuh waktu setelah menyadari bahwa gairahnya bukan untuk bekerja bagi orang lain, namun muncul saat bekerja bagi perusahaan yang dia dirikan sendiri.

Direz memosisikan Darahku Biru.com sebagai Indonesia’s Premier denim magazine and community. Dalam obrolan kami akhir Oktober 2013 sebelum siaran radio #Bisik di Heartline FM, Direz menyatakan bahwa dia mengemas Darahkubiru.com sebagai majalah daring dan forum berkumpulnya para pecinta denim dan produk-produk turunannya.

Segmentasi pelanggan Darahkubiru.com

Mayoritas pelanggan Darahkubiru.com berusia muda (18 s.d. 35 tahun) dan memiliki pengetahuan yang sangat baik mengenai dunia denim dan gaya hidup yang berhubungan dengan denim. Para pelanggan Darahkubiru.com terkumpul dalam komunitas yang sudah bisa dipastikan adalah komunitas pecinta denim terbesar di Indonesia. Unique visitor sejumlah 30.000/bulan, 150.000 kunjungan/bulan dan 1.800.000++ page views/bulan sudah sangat membuktikan kata “terbesar” yang Darahkubiru.com miliki.

Diferensiasi Darahkubiru.com

Fokus bahasan terhadap produk-produk denim lokal dan dukungan informasi dari para penghuni forum jelas menjadi diferensiasi utama Darahkubiru.com. Berbagai bentuk komentar, tanya jawab serta daftar penjual denim serta galeri telah tersedia dengan sangat lengkap. Bahkan jika ada yang ingin mencari informasi mengenai cara pembuatan denim hingga mencari celana jins yang pas berdasarkan ukuran pinggang, pinggul dan panjang kaki juga dapat ditemukan di Darahkubiru.com.

Kesimpulan

Melihat apa yang telah dilakukan Direz, saya harus menyatakan kekaguman (ini objektif, bukan karena dia sepupu saya). Direz berhasil menciptakan merek lokal berupa majalah daring dengan diferensiasi yang kuat dan bahkan, sudah menghasilkan arus kas masuk yang rutin. Selamat untuk Darahkubiru.com! (Andika Priyandana – Chief Editor Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here