Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Danone SN Indonesia Lanjutkan Taman Kehati Di IPB

Marketing.co.id – Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah wilayah – termasuk Kampus IPB, memberikan dampak pada berkurangnya aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar kampus. Kondisi tersebut mendorong Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia menggelar program inisiatif keberlanjutannya Taman Kehati (Keanekaragaman Hayati) yang berlokasi di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Danone

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto (kemeja putih) bersama Rektor IPB University Prof. Dr., Arif Satria, SP MSi (kiri) sedang meninjau lokasi Taman Kehati di Kampus IPB Dramaga. Merespon dampak pandemi, Danone SN Indonesia dan IPB University melakukan program padat karya yang melibatkan mahasiswa dan alumni yang tidak bisa kembali ke kampung halaman serta warga sekitar yang kehilangan pendapatan karena minimnya aktivitas ekonomi.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, “Melalui Program Padat Karya di Taman Kehati, kami melakukan pemberdayaan mahasiswa dan masyarakat yang fokus kepada pembangunan infrastuktur dan kegiatan perawatan yang mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selain menyerap tenaga kerja dan memberikan manfaat langsung berupa pemasukan yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, Taman Kehati juga bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman hayati dan mendukung pengadaan air bersih untuk warga kampus.”

Program padat karya di Taman Kehati IPB sendiri telah berlangsung sejak 5-22 Mei 2020 secara aktif melibatkan 4 (empat) mahasiswa dan alumni yang tidak bisa kembali ke kampung halaman  serta 5 (lima) warga sekitar yang kehilangan pendapatan karena minimnya aktivitas ekonomi. Seluruh pihak yang terlibat melakukan inventarisasi pohon, pembersihan area, hingga perencanaan penyusunan grand design. Program ini menggunakan pendekatan cash for work sehingga pihak yang terlibat dapat langung menerima manfaat melalui uang tunai.

Ditambahkan Prof. Dr. Arif Satria, SP MSi, Rektor IPB University mengapresiasi inovasi pada program keberlanjutan di area Kampus IPB. Program kolaborasi  pengembangan Taman Kehati merupakan salah satu perwujudan inisiatif Green Campus 2020 yang merupakan komitmen tinggi IPB University dalam membangun budaya peningkatan efisiensi energi dan konservasi sumberdaya hayati. Upaya ini dilakukan melalui peningkatan kualitas lingkungan untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat dan lingkungan belajar yang kondusif secara bekelanjutan.

Kerjasama Danone SN Indonesia, IPB University, dan mitra Jauhar melalui Program Taman Kehati yang di mulai bulan April 2020 fokus kepada kegiatan pelestarian dan pengayaan keanekaragaman hayati pada lahan terbuka hijau seluas 8,65 Ha di Kampus IPB University Dramaga. Taman Kehati akan ditanami berbagai jenis tumbuhan, difungsikan sebagai laboratorium tanaman lokal dan langka, sentra penelitian biodiversitas oleh civitas akademik IPB, dan masyarakat luas di sekitar kampus.

Selama pandemi COVID-19, Danone  SN Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan sosial untuk menyediakan 33.000 paket makanan siap santap kepada tenaga medis dan menyalurkan lebih dari 48.000 donasi produk susu pertumbuhan dan ibu hamil dan menyusui kepada keluarga dan komunitas yang membutuhkan.

Selain Taman Kehati, dukungan lain yang diberikan Danone SN Indonesia melalui IPB University adalah total lebih dari 500 kemasan produk nutrisi yang terdiri dari susu Bebelac Gold untuk anak berusia di atas 1 tahun, susu SGM Bunda untuk ibu hamil, serta minuman Mizone bagi masyarakat kurang mampu di sekitar kampus.

“Program Padat Karya di Taman Kehati merupakan salah satu dari berbagai upaya Danone SN Indonesia dalam membantu pencegahan, penanggulangan, hingga meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Kami berharap program ini dapat menciptakan lapangan kerja produktif serta mendukung pemenuhan gizi untuk mendorong kesehatan masyarakat,” tutup Vera.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top