Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Danone Open Doors Kenalkan Konsep Produksi Ramah Lingkungan

Marketing – Memiliki visi “One Planet One Health”, Danone – perusahaan di industri makanan, minuman yang sehat dan nutrisi medis, meyakini bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi saling terkait, dan setiap kali makan dan minum, pun ikut menentukan dunia yang ingin tengah menjadi tempat tinggal saat ini.

Melihat itu, Danone secara global menyelenggarakan inisiatif Danone Open Doors di 120 negara. Di Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan dengan mengajak para pemangku kepentingan mengenal lebih dekat tentang proses produksi Danone dan inovasi lingkungan dan sosial perusahaan dengan mengunjungi 9 pabrik Danone termasuk pabrik Sarihusada yang terletak di Desa Kemudo, Klaten, Jawa Tengah.

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, inisiatif tersebut adalah cara Danone untuk secara terbuka mengajak masyarakat melihat lebih dekat cara Danone beroperasi secara bertanggung jawab. Dimana, Danone menerapkan prinsip jaminan kualitas produk serta aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Melalui ‘Open Doors’, para pemangku kepentingan dapat menyaksikan dedikasi orang-orang di balik layar yang memastikan produk-produk Danone memiliki standar tinggi dalam hal kualitas dan keamanan pangan. Standar yang tinggi juga diterapkan dalam cara kami beroperasi. Setiap hari kami terus berinovasi agar dapat berkontribusi positif secara nyata dalam menciptakan kesehatan dan lingkungan yang lebih baik,” papar Vera.

Sarihusada adalah salah satu perusahaan bagian dari divisi bisnis Specialized Nutrition (SN) milik Danone di Indonesia yang portofolio bisnisnya terdiri dari nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition). Selain menjadi salah satu fasilitas produksi Danone SN terbesar di dunia, pabrik Sarihusada juga merupakan pabrik percontohan yang menerapkan berbagai insiatif sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Delta Deritawan, Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia mengatakan, “Di pabrik ini kami memiliki misi 1000 Dreams, yang menunjukkan komitmen kami sebagai satu tim yang solid dan terpercaya dalam mengembangkan produk dengan kualitas tinggi serta menerapkan prinsip zero accident, zero defect dan zero waste.”

Untuk memastikan jaminan kualitas produk, pabrik Sarihusada telah mendapatkan berbagai sertifikasi di bidang quality & food safety termasuk sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, ISO 9001 dan ISO 17025 dari International Organization for Standardization serta FFSC 22000 dari the Foundation Food Safety System Certification.

Selain menjamin kualitas dan keamanan pangan, Danone juga menekankan faktor keamanan (safety) dalam operasional produksi. Beberapa inisiatif yang dilakukan antara lain adalah penerapan budaya WISE (Work in Safety Environment) kepada karyawan dan seluruh pihak ketiga yang terlibat dalam bisnis perusahaan.

Selain itu, pabrik Sarihusada juga memberikan perhatian yang besar terhadap aspek lingkungan. Di atas lahan hijau dengan area seluas 150.000 m2 ini berbagai inisiatif dilakukan antara lain seperti pengelolaan limbah melalui metode reuse effluent dimana hasilnya digunakan untuk menyirami area taman hijau pabrik. Inisiatif ini telah dilakukan sejak tahun 2009 dan sudah melalui kajian lingkungan. Selain itu inisiatif penggunaan Compressed Natural Gas sebagai bahan bakar boiler telah berhasil mereduksi CO2 sebesar 10,12 ton/tahun.

Atas bebagai upaya tersebut, Pabrik Sarihusada Klaten telah mendapatkan penghargaan PROPER dengan kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, karyawan juga aktif dalam berbagai kegiatan sukarela yang rutin dilakukan untuk masyarakat melalui program Danone Volunteering Month.

“Keahlian dan dedikasi 15.000 karyawan Danone di Indonesia termasuk di lini produksi merupakan elemen penting kami dalam mewujudkan visi One Planet, One Health. Kami berharap keterbukaan melalui kegiatan Open Doors ini semoga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan kepada kami sebagai perusahaan yang turut memberikan kontribusi positif baik di bidang kesehatan maupun lingkungan”, tutup Vera.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top