Marketing.co.id – Berita Financial Services | Perluasan standardisasi pembayaran antarnegara melalui interkoneksi QR Code telah resmi terlaksana untuk Indonesia dan Singapura mulai 17 November 2023. Kerja sama antara Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) memungkinkan masyarakat yang melakukan perjalanan ke dua negara tersebut untuk menyelesaikan pembayaran di merchant offline dan online, menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS). Inisiatif ini diharapkan dapat membuka pintu bagi pertumbuhan sektor UMKM hingga pariwisata.
Meneruskan komitmen dalam menyukseskan terciptanya sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable, serta mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 sebagai program Bank Indonesia, dompet digital DANA kembali berperan sebagai penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang mendukung implementasi inisiatif ini. Dengan demikian, masyarakat Indonesia dapat menggunakan aplikasi DANA sebagai opsi pembayaran ritel ketika mengunjungi Singapura, dan sebaliknya, masyarakat Singapura dapat melakukan pembayaran di merchant DANA melalui QRIS saat berada di Indonesia.
Dalam siaran pers resmi, Bank Indonesia menyatakan bahwa interkoneksi pembayaran QR antarnegara ini adalah capaian penting dari upaya BI dan MAS dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Singapura. Inisiatif ini diharapkan memberikan manfaat bagi pelaku usaha di kedua negara dan mendukung kemajuan sektor pariwisata.
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan, “Interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (RPC) dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat.”
Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang terus mempercayakan DANA sebagai dompet digital pertama untuk turut serta dalam peluncuran QR Cross Border di tiga negara berturut-turut. “Dalam menghadirkan pembayaran lintas negara ini, DANA telah menyiapkan keamanan berlapis dan memastikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi digital. Ekosistem terbuka yang kami miliki juga akan membuka kesempatan bagi banyak UMKM yang telah menjadi mitra kami, untuk mendapatkan perhatian wisatawan mancanegara dan meningkatkan transaksinya di kemudian hari. Misi kami dalam menyediakan pembayaran dan layanan keuangan secara digital terus diperluas aksesnya bagi seluruh masyarakat Indonesia.”
DANA telah mengimplementasikan teknologi keamanan berlapis dengan metode pengamanan bertransaksi mulai dari PIN, OTP, hingga autentikasi wajah DANA VIZ. Selain itu, DANA juga memiliki sertifikasi keamanan global seperti sertifikasi ISO 27001:2013 dan PCI-DSS untuk pembayaran menggunakan kartu.
Dalam aspek kemudahan dan kenyamanan bertransaksi digital lintas negara, DANA menyajikan pengalaman bertransaksi digital yang intuitif sesuai kebutuhan masyarakat. Layanan pelanggan DANA hadir setiap saat untuk memberikan solusi cepat bagi setiap kendala yang dialami masyarakat. Upaya ini merupakan komitmen DANA sebagai penyedia jasa pembayaran digital yang terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Berbagai upaya yang diterapkan oleh DANA telah berimbas positif pada pertumbuhan pembayaran lintas negara di Thailand dan Malaysia. DANA mencatat pertumbuhan transaksi lintas negara yang signifikan hingga tujuh kali lipat sejak April hingga Oktober 2023. DANA optimistis pertumbuhan yang berkelanjutan akan terus berlangsung seiring dengan meluasnya partisipasi negara-negara ASEAN dalam pembayaran lintas negara.