Dailybox Raih Pendanaan Seri A untuk Perkuat Pengembangan Bisnisnya di Seluruh Indonesia

Dailybox Raih Pendanaan Seri A untuk Memperkuat dan Mengembangkan Bisnis di Seluruh Indonesia
Dailybox Raih Pendanaan Seri A untuk Memperkuat dan Mengembangkan Bisnis di Seluruh Indonesia

Marketing.co.id – Berita UMKM | Dailybox, salah satu startup F&B on-demand terkemuka di Indonesia yang menyediakan beragam pilihan menu terjangkau, hari ini mengumumkan pendanaan seri A dengan nominal yang tidak disebutkan, yang dipimpin oleh Vertex Ventures SEA beserta Kinesys Group yang turut berpartisipasi dalam putaran seri A ini. Pendanaan tersebut menunjukkan keberhasilan Dailybox dalam meraih kepercayaan para investor atas eksistensi bisnisnya di tengah situasi yang tak menentu saat ini akibat pandemi COVID-19.

Kelvin Subowo, Co-Founder dan CEO Dailybox menyatakan, “Kami menyambut pendanaan ini dengan sangat antusias. Kami sangat menghargai kepercayaan dan dukungan dari para investor yang senantiasa mendukung misi kami menghadirkan kekayaan cita rasa makanan nusantara dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia. Melalui pendanaan ini, kami berencana untuk fokus mempercepat ekspansi bisnis kami ke seluruh Indonesia dan mengembangkan sistem Dapur Terpusat kami untuk terus menjaga serta meningkatkan kualitas layanan kami bagi para konsumen setia Dailybox. Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota termasuk di Pulau Jawa, Sumatera Utara dan juga Bali. Pada bulan Agustus 2021, kami berencana akan membuka gerai pertama kami di Kalimantan, tepatnya di kota Pontianak. Ke depannya, kami berharap dapat menjadi brand F&B lokal terbesar yang dapat memperkenalkan masakan nusantara tidak hanya di Indonesia tapi juga Asia Tenggara dan bahkan seluruh dunia.”

Pandemi yang telah terjadi sejak 2020 telah membawa dampak yang luar biasa di setiap aspek, tak terkecuali industri makanan dan minuman. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada bulan Maret 2021, gross revenue (pendapatan kotor) Dailybox secara grup juga telah berhasil bertumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain pertumbuhan gross revenue, Dailybox juga mengalami peningkatan luar biasa pada jumlah gerainya. Kurang dari setahun, jumlah gerai Dailybox di tahun 2020 telah tumbuh hingga 300%. Bahkan, Dailybox berhasil menjadi F&B brand yang memiliki jumlah cloud kitchen terbanyak di Indonesia, dengan jumlah total mencapai ratusan gerai pada semester awal 2021. Dailybox menargetkan untuk terus melakukan ekspansi dan menggandakan jumlah total gerainya pada akhir tahun ini.

Pertumbuhan bisnis Dailybox berbanding lurus dengan prediksi pertumbuhan industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara. Laporan Google Temasek, Bain & Company tahun 2020 menyatakan bahwa Gross Merchandise Volume (GMV) industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara diprediksi akan mencapai USD 23 miliar pada tahun 2025. Angka tersebut menunjukkan kuatnya tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun (Compound Annual Growth Rate) di industri layanan pesan antar makanan yang mencapai hampir 30%.

“Pencapaian Dailybox yang luar biasa ini tentu menjadi sebuah tonggak sejarah penting dalam perjalanan bisnis kami sejak tahun 2018 lalu. Di tengah segala keterbatasan selama pandemi, kami terus berkomitmen memastikan para konsumen dapat tetap menikmati cita rasa nusantara yang kami hadirkan dalam beragam menu kami. Para pelanggan kami dapat menikmati Dailybox di berbagai layanan pesan antar makanan online. Selama pandemi, 80% omzet penjualan Dailybox bahkan berasal dari layanan pesan antar makanan online. Angka tersebut sejalan dengan fokus utama bisnis Dailybox yang berfokus pada layanan pesan antar makanan,” tambah Kelvin.

“Ketika berinvestasi, kami selalu mencari para startup yang berpotensi menjadi calon juara regional. Di tengah berbagai ketidakpastian saat ini, kami melihat Dailybox secara konsisten menunjukkan performa yang baik di industri F&B,” ungkap Gary Khoeng, Senior Executive Director of Vertex Ventures SEA. “Kami terkesan dengan keunggulan operasional Dailybox dan cara mereka memprioritaskan serta mempertahankan kualitas produknya. Kami bangga dapat mendukung Kelvin dan timnya di masa-masa sulit ini untuk menciptakan brand terkemuka yang menyediakan solusi praktis namun terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati cita rasa makanan Dailybox.”

Steven Vanada, Managing Partner Kinesys Group menambahkan bahwa, “Kinesys memiliki visi untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup lokal. Kami sangat senang dapat turut mendukung Dailybox mengembangkan misi mereka. Sejak awal, kami selalu berfokus untuk memberikan pendanaan pada startup yang tidak hanya memiliki model bisnis yang bagus, tapi juga memiliki rencana profitabilitas yang jelas dan berkelanjutan. Pertumbuhan bisnis Dailybox yang luar biasa bahkan di tengah pandemi telah menunjukkan kematangan strategi bisnis Dailybox sebagai perusahaan untuk selalu berinovasi dan beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi yang menantang sekalipun. Kami percaya akan potensi yang dimiliki oleh Dailybox untuk mewujudkan visinya menjadi startup F&B terbesar di Indonesia.”

Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group yang juga menaungi beberapa brand F&B lainnya seperti menu sushi to-go, Shirato dan minuman segar, Anytime. Dailybox memiliki 30 pilihan menu beragam yang siap memanjakan lidah para konsumen sehingga mereka tidak perlu bingung lagi dalam memilih menu makanan karena #SelaluAdaPilihan di Dailybox.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.