Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Daihatsu Raih 17,9 Persen Pangsa Pasar Ritel di Kuartal I-2020

Marketing – Daihatsu berhasil menguasai 17,9% pangsa pasar ritel otomotif pada kuartal I-2020 di tengah pandemi Covid-19. Selama Januari – Maret 2020, retail sales Daihatsu mencapai 39.186 unit dari volume retail sales nasional 219.361 unit.

Sementara pada sisi whole sales, Daihatsu meraih capaian sebesar 48.113 unit dengan pangsa pasar 20,3% dari volume whole sales nasional 236.825 unit.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengemukakan, dalam kondisi ekonomi yang kurang baik, penjualan Daihatsu masih dapat mempertahankan market share di kisaran 17%.

“Untuk selanjutnya, keadaan akan lebih menantang dan tidak mudah, karena dampak negatif dari pandemi Covid-19 ke perekonomian Indonesia dan global,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Daihatsu menerapkan peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menghentikan produksi sementara dan seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta dengan meminta seluruh karyawan untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari resiko terinfeksi sejak 10 April 2020.

Adapun retail sales Daihatsu periode Q1 tetap didominasi Sigra dengan 11.522 unit, berkontribusi sebesar 29,4%, lalu diikuti oleh Gran Max (PU) 7.833 unit (20,0%).

Selanjutnya Terios 6.240 unit (15,9%). Kemudian disusul oleh Ayla mencapai 4.604 unit (11,7%), Xenia 4.573 unit (11,7%), dan Gran Max (MB) 3.394 unit (8,7%). Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, mencapai 1.020 unit (2,6%).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top