Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Daftar Lengkap Jawara Marketing Award 2016

pemenang marketing award 2016

Hadirnya Marketing Award 2016 dimanfaatkan berbagai perusahaan untuk menguji kehebatan strategi marketing yang telah dijalankan.

Pertama kali diadakan pada 2005, kriteria yang diperlombakan terus terus mengalami modifikasi agar mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia marketing.

Ada beberapa kategori yang diperlombakan dalam Marketing Award 2016, yakni market driving, experiential marketing, marketing campaign, marketing innovation, international marketing, dan social marketing.

Setidaknya ada 3 indikator penilaian yang dilakukan dewan juri: strategi, implementasi dan result. Indikator tersebut  menjadi dasar untuk memilih perusahaan pemenang.

daftar-pemenang-marketing-award-2016-cecep-supriadi-marketingcoid

Berikut daftar perusahaan jawara Marketing award 2016:

Berikut daftar perusahaan jawara Marketing award 2016:

  • Pemda Banyuwangi (Kategori: The Best Experiential in Marketing)

Pemda Banyuwangi mampu menciptakan potensi wisatanya menjadi tujuan wisata favorit, baik bagi wisatawan lokal maupun asing. Melalui positioning yang jelas, yakni adventure dan experience, didukung dengan promosi yang gencar, Banyuwangi pun bersinar sebagai destinasi wisata dunia.

Adventure untuk potensi alam di mana orang tertantang menjelajahi berbagai destinasi alam yang ada. Experience untuk wisata budaya dan wisata event (event tourism) yang dikembangkan lewat Banyuwangi Festival.

  • Mataharimall.com (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Sepanjang tahun 2015-2016, Mataharimall.com telah melakukan strategi campaign yang jitu, kreatif dan gencar, seperti campaign SuperSeptember dan SuperBol (Belanja Online). Sehingga, hal ini membuat Mataharimall.com mampu bersaing dan meraih trafik tinggi.

  • Asuransi Astra Buana (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Sepanjang tahun 2015-2016, Asuransi Astra banyak menelurkan layanan inovatif berbasis digital. Mendeklarasikan dirinya sebagai perusahaan Going Mobile, yakni berdaptasi dan merevolusi proses bisnis utamanya melalui layanan berbasis mobile computing technology. Kepiawaiannya dalam mengembangkan inovasi telah mengantarkannya sebagai perusahaan asuransi yang unggul, baik dalam pangsa pasar, perolehan revenue, maupun kualitas layanan.

  • Astra Honda Motor (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Sepanjang tahun 2015-2016, Astra Honda Motor telah melakukan banyak inovasi dalam produk, sehingga berhasil mengepung pasar dari berbagai varian produk. Kepiawaiannya dalam mengembangkan inovasi mengantarkannya mempertahankan market leader yang cukup jauh dari para pesaingnya.

  • Tracon (Kategori: The Best Innovation in Marketing

Tracon melakukan inovasi di Project PT Energi Sejahtera Mas di Dumai agar tidak terjadi permasalahan yang serupa. Hasil yang dirasakan Tracon Industri atas keberhasilan melakukan inovasi dalam proyek contruction management diukur dari meningkatnya kepuasan customer dan mereka memberikan referensi kepada stakeholder customer lainnya.

  • Administrasi  Medika (Kategori: The Best in Market Driving)

Tahun 2015, AdMedika mempunyai lebih dari 3 juta member di seluruh Indonesia. AdMedika memperluas market dengan melakukan akuisisi beberapa perusahaan sehingga membuat pertumbuhan bisnisnya meningkat 30%.

  • Asuransi Jiwa Generali (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Asuransi Jiwa Generali menciptakan inovasi berbasis digital tidak hanya untuk nasabah, tapi juga untuk para agent. Hasilnya, brand performance Asuransi Jiwa Generali semakin kuat dengan strategi push marketing.

  • Bukalapak.com (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Sepanjang tahun 2016, Bukalapak melakukan strategi campaign yang jitu, kreatif, dan menarik. Campaign ini gencar dilakukan di media TV, radio, maupun di media sosial. Selain itu juga membuat event-event menarik dan kreatif yang bertujuan meningkatkan awarrenes. Kepiawaian dalam meramu strategi campaign telah mengantarkan Bukalapak.com sebagai marketplace yang meraih 5 juta pengguna dan 1 juta pelapak.

  • Combiphar (Kategori: The Best Campaign in Marketing)

Combiphar melakukan kegiatan kampanye sekaligus dengan memberikan edukasi kepada konsumen untuk produk andalannya, Insto.  Combiphar juga rutin melakukan integrated marketing campaign mulai dari TVC, radio, print ad, digital, dan aktivitas BTL dengan tema Buka Mata, Buka Insto.

  • D’Cost (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

D’Cost melakukan inovasi dari seluruh segi, baik pelayanan, performa, bahkan promosi. Promo 100% cash back yang dilakukan D’Cost adalah program promo pertama dan satu-satunya di Indonesia. Kesuksesan program ini bisa terlihat dengan semakin bertambah banyaknya member D’Cost.

  • D&W International (Kategori: The Best in International Marketing)

D&W International sukses menggarap pasar di luar negeri dengan melakukan ekspor produknya ke lebih dari 50 negara yang berada di wilayah Asia Pasifik, Eropa, Amerika, dan Afrika. Mempunyai jaringan distributor dan kontraktor yang kuat di seluruh dunia.

Membangun strategi pemasaran dengan cara bergabung menjadi bagian dari asosiasi arsitek dan asosiasi hotel bintang 5 di luar negeri.

  • Kalbe Nutrition (Kategori: The Best Innovation in Marketing & The Best in Experiential Marketing)

Kalbe Nutrition selalu konsisten melakukan inovasi pada produk maupun kampanye. Perusahaan ini juga piawai dalam mengemas event-event yang mampu menciptakan experiential bagi pelanggannya. Tak heran jika merek-merek yang dibesutnya menjadi merek top di masyarakat sekaligus meningkatkan pangsa pasarnya.

  • Natasha Skin Care (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Natasha telah mengeluarkan berbagai inovasi produk. Salah satunya adalah inovasi dengan  menggunakan bahan-bahan alami untuk produknya. Produk yang ramah dan cocok dengan iklim tropis menjadi kunci Natasha memperkuat merek.

  • Projek Properti (Kategori: The Best Innovation in Marketing & The Best in Market Driving)

Projek Property adalah sebuah aplikasi bidang pemasaran properti pertama di Indonesia yang menjadi penghubung bagi pengembang dan tenaga pemasaran.

Saat ini sudah lebih dari 30 developer ternama bergabung dengan PROJEK, seperti Agung Podomoro Land, Sentul City, Ciputra Group, Pikko Group, dan lain lain.

Projek telah menangani 15 proyek developer baik Jabodetabek, daerah di seluruh Indonesia, maupun proyek dari luar negeri (Kuala Lumpur dan Johor Baru, Malaysia).

  • Sunlife Financial Indonesia (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Sunlife Financial telah melakukan strategi campaign yang kreatif dan menarik melalui tema “Plan Your Future”. Kampanye tersebut membuatnya mampu bersaing dan mendapat pangsa pasar sendiri.

  • Shafco Multitrading (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Shafco Multitrading telah melakukan strategi campaign yang kreatif dan menarik untuk ZOYA, bahkan melakukan campaign yang belum pernah dilakukan kompetitor. Kepiawaiannya dalam menjalankan stategi campaign membuat  ZOYA meraih awareness yang cukup tinggi serta mampu bersaing dan mendapat pangsa pasar sendiri.

  • Manulife Indonesia (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Sejak tahun 2015, Manulife gencar melakukan kampanye pemasaran. Kampanye ini bertujuan meningkatkan brand awareness (termasuk unaided dan top-of-mind [TOM] awareness), dan brand consideration Manulife Indonesia di kalangan target pasarnya. Kampanye tersebut dilakukan secara terintegrasi melalui berbagai aktivitas ATL dan BTL, termasuk marketing event dan CSR, dengan memaksimalkan berbagai lini media.

  • Mitrasindo Sukses (Jakarta Garden City-Modern Land) (Kategori: The Best in Marketing Campaign)

Kepiawaian perusahaan ini dalam melakukan strategi kampanye mampu menjadikan brand Jakarta Garden City semakin familier dan menjadi top of mind calon pembeli rumah. Market share juga semakin luas dan tercermin dari penjualan Jakarta Garden City yang meningkat. Di samping itu, kerja sama pemasaran dengan agen properti menyebabkan efek word of mouth yang sangat luar biasa.

  • Tokopedia (The Best in Marketing Campaign)

Program campaign “Ciptakan Peluangmu” dinilai banyak orang mampu memberikan suntikan semangat bagi banyak orang untuk berani memanfaatkan peluang, sekaligus bertransaksi lewat Tokopedia. Pertumbuhan UKM online dipakai Tokopedia sebagai salah satu indikator keberhasilan dari strategi campaign yang ada.

  • Go-Jek Indonesia (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Sepanjang tahun 2015-2016, Go-Jek banyak melakukan berbagai inovasi baik dari sisi produk maupun dalam berkampanye. Kepiawaian dalam mengembangkan inovasi telah membuat Go-Jek semakin dikenal dan menjadi layanan aplikasi yang sangat diminati masyarakat.

  • Anugerah Karya Asli (Kangaroo) (Kategori: The Best in Social Marketing)

Kangaroo pada beberapa tahun terakhir telah banyak melakukan kegiatan sosial, salah satunya adalah membantu korban bencana alam di Gunung Sinabung. Apa yang sudah dilakukan Kangaroo sesuai dengan filosofi perusahaan, yakni “Sejahteramu adalah Sejahteraku”.

  • Witami Tunai Mandiri  (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Inovasi yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk e-payment bernama True Money adalah mengakuisisi toko kelontong dan outlet isi pulsa pinggir jalan sebagai agen TrueMoney. Akuisisi yang berlangsung selama 5 bulan tersebut sudah menghasilkan 11.500 agen baru di 10 kota besar di Indonesia.

Pertumbuhan market share dari belum ada menjadi peringkat ke-4 dari sisi nilai transaksi e-money, dan peringkat ke-7 dari sisi jumlah transaksi e-money.

  • Singamas Indonesia (Kategori: The Best in Market Driving)

Perusahaan ini berhasil menciptakan kategori baru di pasar teh kemasan siap minum melalui produknya “Fiesta White Tea”. Produk yang diluncurkan tiga tahun lalu ini mampu mencetak pertumbuhan 30% per tahun. Inilah buah kerja keras perusahaan dalam mengedukasi pasar.

  • Dwidaya Tour World Wide (The Best Innovation in  Marketing)

Dwidaya Tour membuat terobosan layanan yang dinamakan Dwidayatour Single Platform (DSP). Sistem ini memberikan layanan secara instan dan real-time. Hal tersebut merupakan nilai tambah bagi konsumen sekaligus membuktikan bahwa Dwidaya Tour mampu bersaing di tengah maraknya online travel agent.  

  • MNC Sky Vision (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Perusahaan melakukan inovasi untuk para pelanggannya berupa penggunaan internet dengan cara sederhana dan mudah. Selain itu, kecepatan dalam mengakses internet hingga mencapai 150 Mbps dan akses internet tersebut bisa didapat di daerah yang tidak terjangkau oleh FTTN.

  • Tracon Industri (The Best Innovation in Marketing)

Tracon melakukan inovasi di Project PT Energi Sejahtera Mas di Dumai agar tidak terjadi permasalahan yang serupa. Hasil yang dirasakan Tracon Industri atas keberhasilan melakukan inovasi dalam proyek construction management diukur dari meningkatnya kepuasan customer dan mereka memberikan referensi kepada stakeholders customer lainnya.

  • Bolde Indonesia (Kategori: The Best in Market Driving)

Perusahaan ini memasarkan alat pel tanpa repot pertama di Indonesia, yang diberi merek “Super Mop”. Kepiawaiannya dalam mengedukasi pasar menjadikan produk ini banyak dibeli konsumen. Terbukti penjualannya setiap tahun naik cukup tajam.

  • Vertus Venturama (Kategori: The Best Innovation in Marketing)

Memasarkan makanan tradisional dengan menyajikan kemasan yang menarik (berbagai varian, warna dan bentuk), yang sangat berbeda dengan kemasan makanan yang umumnya berbentuk kotak. Dikomunikasikan secara kreatif di media sosial.  (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top