Marketing.co.id – Berita UMKM | Dalam upaya mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Lazada Indonesia kembali menggelar Lazada Seller Conference bertajuk Lazada Seller Conference: Level Up 2022.
Acara yang diselenggarakan pada 19 Oktober 2022, tersebut memaparkan kiat-kiat memanfaatkan tren pasar serta menangkap peluang bisnis terbaru agar dapat meningkatkan bisnisnya di Lazada, terutama jelang festival belanja akhir tahun 11.11 dan 12.12 mendatang.
Acara Lazada Seller Conference: Level Up 2022 dibuka Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, Chief Commercial Officer Lazada Indonesia, James Chang, serta Executive Director Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo. Acara ini juga menghadirkan banyak pembicara baik dari internal Lazada maupun pembicara ahli eksternal lainnya, termasuk Retail Services Director GfK Market Intelligence, Elvinda Liung yang berbagi mengenai tren dan perilaku belanja online konsumen Indonesia.
SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, animo pelanggan untuk festival belanja online akhir tahun sangat besar. Sehingga, penting bagi para penjual mempersiapkan diri dengan baik. Gratis Ongkir masih menjadi alasan utama pelanggan berbelanja online. Oleh karena itu, Lazada mengajak para pelanggan untuk turut berpartisipasi dalam memberikan Gratis Ongkir.
“Promosi ini terbukti sangat ampuh karena berdasarkan data kami, penjual yang memberikan Gratis Ongkir bisa mendapatkan peningkatan jumlah pesanan hingga 100%. Selain itu, untuk mendorong pembelanjaan pelanggan saat festival belanja, kami juga melakukan pembaruan fitur, salah satunya fitur Flash Sale yang kini bernama LazFlash. Melalui fitur ini, penjual bisa merasakan peningkatan jumlah unit produk yang terjual hingga 7 kali lipat dibanding hari biasa,” ujarnya.
Lazada Seller Conference: Level Up 2022 turut menghadirkan sesi Masterclass bagi penjual Lazada yang disampaikan para LazStar Trainer seperti Dedy Liem, Stephen Lawrence dan Farica Edgina Yosafat. LazStar Trainer adalah para penjual sukses di Lazada yang telah bersertifikasi untuk menjadi pengajar bagi para penjual lainnya.
Para LazStar Trainer telah melewati serangkaian pelatihan bersertifikasi sehingga dianggap mumpuni untuk berbagi motivasi dan kiat berjualan di platform digital. Sesi Masterclass juga bertujuan untuk memberi wawasan kepada penjual untuk membedah kinerja toko dan memanfaatkan fitur di Lazada agar bisa meningkatkan penjualan mereka, khususnya saat festival belanja akhir tahun 11.11 dan 12.12 mendatang.
Sebagai LazStar Trainer dan pemimpin Lazada Club Bandung, Farica Edgina Yosafat memberikan dukungan bagi penjual lainnya untuk berbagi pengetahuannya mengenai strategi penetapan harga dan promosi festival belanja online saat Lazada Seller Conference. Selain itu, ia juga mendorong para penjual untuk memanfaatkan Lazada University serta aktif di komunitas Lazada Club. Selain partisipasi dalam Lazada Seller Conference, kedua inisiatif ini dinilai Farica efektif membantu penjual memahami dan menggunakan fitur bisnis untuk menetapkan strategi penjualan.
“Saya senang dan bangga bisa berkontribusi lebih dari hanya sekadar sebagai penjual. Di Lazada saya juga bisa memberi pelatihan dan membangun komunitas antar penjual dengan tujuan utama membangun keterampilan para penjual agar bisa sukses bersama di dalam platform Lazada. Saya berharap semua penjual bisa terus belajar bersama penjual lainnya dan tetap bersemangat. Berjualan online tidak mudah, tapi sukses bukan hal yang mustahil,” kata Farica.
“Seluruh program edukasi yang ada di Lazada ini akan terus kami jalankan dan kembangkan demi bisa mendorong para UMKM di Indonesia, khususnya para penjual serius yang ingin tumbuh dan berkembang di ranah digital bersama Lazada,” tutup Haikal.