Marketingcoid – Sebagai entitas bisnis, PT Indosat Mega Media (IM2) tidak hanya fokus menjalankan bisnis. Perusahaan satu ini berkomitmen agar bisnis yang dijalankan mempunyai dampak positif kepada masyarakat luas.
Salah satu komitmen yang saat ini dijalankan adalah dengan turut peduli terhadap pengembangan sistem pendidikan di Indonesia.
Sebagai perusahaan berbasis teknologi, IM2 merasa terpanggil untuk turut membantu masa depan penerus bangsa mengejar cita-cita dan impian mereka, khususnya yang berada di pelosok daerah.
Untuk lebih memberikan perspektif yang lebih luas dan memberi semangat pendidikan kepada para siswa SD di pelosok, IM2 mengirimkan tim terbaiknya dalam bidang Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Sistem, yang tak lain adalah pejabat top manajemen IM2.
Mereka berangkat dalam beberapa rombongan ke lokasi terpencil, termasuk Aceh Utara (Aceh), Muara Enim (Sumatera Selatan), Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), Natuna (Kepulauan Riau), Nunukan (Kalimantan Utara), Banggai (Sulawesi Tengah), dan Pegunungan Bintang (Papua). Di setiap daerah mereka akan mengabdikan diri selama tujuh hari.
Ridwan F. Karsa Direktur Utama IM2 mengatakan, program ini adalah bukti tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) perusahaan terhadap pengembangan dunia pendidikan, termasuk pengenalan teknologi dan informasi sejak dini.
Sebenarnya sudah sejak lama perusahaan ini memberikan edukasi seputar teknologi informasi kepada masyarakat. Tahun 2005 lalu, IM2 telah menjalankan Program Hosting Student Visit. Dalam program ini, IM2 membuka kesempatan kepada seluruh siswa mulai jenjang SMP hingga perguruan tinggi untuk melakukan kunjungan dan pelatihan teknologi informasi ke Kantor IM2.
Pada tahun 2010, IM2 memiliki program “IM2 Android Application Contest”. Acara ini didasarkan pada semangat untuk memicu transfer pengetahuan, khususnya kepada para generasi muda, untuk membuat aplikasi Android.
Event ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, sehingga melahirkan event rutin mingguan bertajuk “Weekly Bootcamp Android” yang diadakan selama tahun 2011. Sebagai bagian dari acara Bootcamp, IM2 juga menggelar road show ke sejumlah universitas ternama di Indonesia yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak orang di luar Jakarta.
Tak hanya itu, IM2 juga menjalankan komitmen pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan menyelenggarakan beberapa workshop dan seminar yang bertujuan untuk mendidik UKM dalam membuat sebagian besar aplikasi internet untuk membantu mereka mengembangkan bisnis sejak 2011.
Event ini berlangsung di sejumlah kota besar di Indonesia, dengan tema 4M Solusi (Mudah, Murah, Menguntungkan dan Mendunia). Lokakarya dan seminar ini telah dihadiri lebih dari 1000 peserta dari beragam jenis latar belakang bisnis.