Marketing.co.id – Berita Marketing | Dengan terus berkembangnya media sosial dan bertambahnya jumlah content creator di internet, muncul industri baru dengan potensi besar untuk berkembang di masa depan, yaitu creator economy. Meskipun industri ini menjanjikan, masih banyak orang awam yang belum memahami creator economy dan seluk-beluk di baliknya.
Creator economy didefinisikan sebagai industri yang melibatkan content creator untuk mempromosikan produk dan jasa dari brand melalui berbagai kampanye, baik digital maupun offline. Karena industri ini masih berkembang, masih ada kesenjangan antara jumlah content creator yang aktif berkarya dengan akses brand yang belum terpenuhi untuk memenuhi kebutuhan kampanye tersebut.
Menyadari peluang besar di creator economy, IDN Media mendirikan unit bisnis berupa agensi content creator yang diberi nama ICE (Indonesia Creator Economy). Pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 dengan nama sebelumnya IDN Creator Network (ICN) dan kemudian berubah nama menjadi ICE pada tahun 2022, ICE memiliki visi untuk mendemokratisasi creator economy di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.
Jadi, ICE (Indonesia Creators Economy) bertujuan menjadi platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi creator economy di Indonesia melalui teknologi. Platform yang mereka miliki menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator. Dengan tim yang berpengalaman, strategi pemasaran yang dirancang khusus, dan teknologi yang terdepan, ICE adalah rumah bagi para kreator yang memiliki kreativitas tanpa batas dan dampak yang luas.
ICE mewujudkan visinya dengan cara menjembatani brand untuk bekerja sama dengan content creator yang tepat untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran, sekaligus memberdayakan para content creator dari skala kecil hingga besar. Hingga saat ini, ICE memiliki dua jenis layanan yang dapat diakses oleh brand. Layanan pertama adalah end-to-end service untuk memfasilitasi brand besar yang membutuhkan layanan content creator marketing dari hulu ke hilir. Kedua, layanan yang ditujukan untuk para UMKM yang ingin memanfaatkan jasa content creator dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan budget mereka.
Pada 8 Maret 2023, ICE merayakan hari jadinya yang ke-6 tahun. Di tahun keenamnya berkecimpung di industri pemasaran dengan menggunakan content creator, ICE berharap dapat menjadi platform content creator yang memberikan kemudahan bagi para content creator dan brand untuk terhubung dan berkolaborasi.
“Dengan banyaknya content creator yang bekerja sama dengan kami, ICE berharap dapat memberikan solusi, kemudahan, dan dampak positif bagi brand yang ingin meningkatkan nilai bisnisnya,” tutup Vice President ICE, Hana Novitriani.