Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Compas.co.id secara resmi meluncurkan layanan E-commerce Enabler terbaru dan tampilan baru website mereka. Langkah strategis ini bertujuan untuk membantu brand FMCG menghadapi tantangan pasar e-commerce yang semakin kompetitif. Layanan ini, yang dapat diakses melalui website resmi Compas.co.id, dirancang untuk memberikan solusi berbasis data dan teknologi terkini, serta mendukung operasional penjualan yang lebih efisien.
Sebagai bagian dari PT Sukanda Djaya dan grup Diamond Food Indonesia, Compas.co.id menggabungkan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam distribusi FMCG dengan keahlian mereka selama 12 tahun dalam analisis data e-commerce. Perpaduan ini membentuk fondasi kuat untuk memberikan solusi menyeluruh kepada klien di sektor FMCG.
Hanindia Narendrata, Co-founder & CEO Compas.co.id, menjelaskan, bahwa peluncuran ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan pesat sektor FMCG di e-commerce. “Nilai penjualan FMCG di e-commerce pada tahun 2024 meningkat 32%, dan diprediksi akan tumbuh 19% pada 2025. Ini merupakan peluang besar bagi brand untuk memaksimalkan potensi penjualannya. Compas.co.id hadir dengan layanan e-commerce enabler yang menggabungkan market insight dengan operasional penjualan berbasis data,” ujar Narendrata.
Berkat fitur Data-driven Insight for Strategy Advantage yang dimilikinya, Compas.co.id dapat membantu brand dalam memprediksi produk apa yang diminati pasar, seberapa cepat produk tersebut terjual, serta waktu yang tepat untuk restock. Fitur ini membantu mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kesalahan pengelolaan stok dan memperlancar operasional, terutama untuk produk yang memerlukan tempat penyimpanan khusus, seperti makanan beku dan minuman.
Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur High Order Success Rate with Advanced Automation, yang mempermudah pengelolaan proses order mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk. Dengan sistem Virtual Bundling, stok dapat dikelola otomatis antara produk single dan bundle, serta mengintegrasikan stok dari berbagai marketplace ke dalam satu dashboard terpadu. Hal ini memastikan pengelolaan stok yang efisien dan meminimalkan risiko kelebihan atau kekurangan stok.
Selain itu, fitur Advanced CRM Analysis with Marketplace Masking memungkinkan brand untuk menganalisis perilaku konsumen meskipun data pelanggan di marketplace bersifat anonim. Teknologi ini membantu menciptakan strategi retensi pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Dalam dua tahun terakhir, Compas.co.id telah bekerja sama dengan berbagai brand FMCG untuk mengembangkan layanan ini. Hasilnya, salah satu klien mengalami peningkatan GMV (Gross Merchandise Value) rata-rata per bulan yang meningkat tiga kali lipat, dengan penjualan tahunan yang tumbuh hingga 292%. Di platform Shopee, klien ini bahkan mencatatkan lonjakan penjualan sebesar 737,2%.
Peningkatan performa toko juga tercermin dari rating toko yang mencapai 4,9, durasi pengiriman rata-rata yang lebih cepat dari 28 menit, serta tingkat respons chat pelanggan yang mencapai 100%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, brand dapat memperkuat performa di pasar e-commerce yang semakin kompetitif.