Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Coca-Cola, Menangkan Hati Khalayak dengan Memaksimalkan Konten Marketing

coca-cola companyTerus belajar membuat merek Coca-Cola semakin diminati. Mempelajari kesuksesan di tahun pertamanya, merek minuman bersoda ini mendesain ulang situs dan blognya untuk lebih menunjukkan konten-kontennya.

Ada hal menarik tentang promo yang dilakukan oleh Coca-Cola, dan itu juga terlihat dalam situs barunya, yakni vending machine di sebuah mal di Pakistan, tertera pesan “Make a friend in India“. Begitu juga sebaliknya, di India, tepatnya di New Delhi, terdapat vending machine yang bertuliskan “Make a friend in Pakistan.” Padahal, kedua negara itu sudah saling bermusuhan sejak beberapa dekade silam.

Bertemakan Coca-Cola Journey, situs merek minuman ringan dunia itu dinilai Ragan sebagai irresistible content marketing.

Ada poin penting agar Anda dapat menampilkan konten marketing yang luar biasa. Seperti halnya Coca-Cola yang sukses menceritakan kisahnya sendiri melalui brand journalism site. Mereka memanfaatkan newsroom dengan maksimal untuk meliput kegiatan Coca-Cola dengan sisi yang menarik bagi khalayak.

Tapi kalau hanya membuat konten yang menarik, kenapa Coca-Cola harus mendesain ulang web miliknya?

Pembaharuan desain ini dinilai akan memudahkan khalayak ketika mengunjungi situs Coca-Cola. Tak hanya itu, situs juga dibuat lebih mudah ketika dikunjungi.

“Kami tahu bahwa sebagian dari ketertinggalan ini adalah karena desain landing page dan keseluruhan tampilan yang membingungkan. Hal itu jadi terasa seperti ada nuansa yang membuat banyak konten menarik hilang,” ucap Ashley Brown, Group Director, Digital Communications and Social Media The Coca-Cola Company.

Menjauh dari Press Release

Ketika banyak merek yang terpaku pada press release, Coca-Cola justru berpaling. Lantas bagaimana cara mereka menyebarkan beritanya? Mereka memanfaatkan newsroom. Kenapa? Banyak berita yang ingin disebarkan oleh Coca-Cola setiap harinya, namun jika hanya mengandalkan press release, harus berapa lama mereka menunggu.

Sementara, tidak mungkin setiap hari merek menyebarkan berita mengenai perusahaan untuk dilempar ke media. Maka dari itu, newsroom adalah jawaban yang paling masuk akal. Coca-Cola bebas menyebarkan berita lewat konten, tanpa harus melalui media. Mereka juga mengaku, bahwa tim pengisi newsroom terdiri dari jurnalis handal yang piawai memaksimalkan SEO.

Infografik

Coca-Cola juga menampilkan infografik yang penting untuk diketahui khalayak. Kekuatan informasi faktual yang disusun menjadi sebuah gambar yang menarik, membuat konten-konten Coca-Cola Company semakin digemari.

Terpaku pada satu cara yang mainstream malah membuat merek Anda makin terlihat basi. Justru berani keluar dari jalur dan menggunakan cara yang berbeda akan membuat merek Anda semakin terkenal. Lihat saja kampanye Coke mengenai vending machine di Pakistan dan India. Mereka tidak menggunakan press release untuk menyebarkan kabar tersebut, namun videonya di YouTube sukses mendapat perhatian 2,2 juta viewers, dan artikelnya dibaca oleh 84 ribu orang. Luar biasa, bukan?

 

Sumber: Ragan | Foto: 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top