CNI Targetkan Pertumbuhan Bisnis 25 Persen

Pramesti Indah P, Head of Membership Service Division CNI (Kanan)
Pramesti Indah P, Head of Membership Service Division CNI (Kanan)

MARKETING, Jakarta – PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) menargetkan pertumbuhan bisnis tahun ini sebesar 25%. Untuk mencapai target itu, CNI bakal memacu jumlah anggotanya serta melakukan penambahan pusat distribusi (distribution center).

Demikian diungkapkan Pramesti Indah P, Head of Membership Service Division CNI, dalam acara kunjungan media ke pabrik CNI di Tangerang, Rabu (2/3) lalu. Dikatakan, target pertumbuhan bisnis ini meningkat dari realisasi pertumbuhan 2010 yang sebesar 20 persen. “Tahun ini kita memang akan lebih gencar dalam menggenjot bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah anggota CNI yang tahun lalu sekitar 100.000 orang yang tersebar di seluruh daerah di Tanah Air, terutama di Jabodetabek, Medan, Palembang, dan Pekanbaru diharapkan bisa naik 30 persen ditahun 2011 ini. Ditambahkan, CNI juga bakal menggarap sektor ritelnya melalui penambahan pusat distribusi (distribution center). Tahun lalu, CNI telah memiliki 200 distribution center yang tersebar di seluruh daerah. “Kita bakal menambah distribution center sekitar 20% dari jumlah sekarang,” kata Pramesti.

Lebih lanjut diungkapkan, sekarang ini CNI lebih fokus pada meningkatkan layanan after sales service. Hal ini tidak terlepas dari keinginan CNI mendekatkan diri pada konsumen. Selama ini, masyarakat kerap takut ketika berinteraksi dengan CNI, karena mereka merasa bakal direkrut untuk menjadi member CNI. Oleh sebab itu, CNI membangun distribution center sebagai tempat memasarkan produknya kepada masyarakat umum. Pramesti menargetkan kontribusi penjualan dari distribution center ini bisa mencapai 50%. “Kita ingin penjualan dari member dan distribution center itu sama besar,” katanya.

Hingga saat ini jaringan distribusi CNI Indonesia meliputi kantor Cabang Utama termasuk dua Sentra Bisnis dan distribusi di Jakarta dan Medan, kantor cabang pembantu, dan ratusan distribution center milik para member CNI yang tersebar di pelosok Tanah Air.

Meski menjadi market leader dan trendsetter industri MLM di Indonesia (eksis sejak 25 tahun lalu), CNI tidak henti-hentinya melakukan inovasi kreatif dalam bisnisnya sehingga akan lebih banyak masyarakat mendapatkan manfaat dari produk-produk CNI melalui cara yang lebih mudah dan cepat. Sekadar catatan, saat ini CNI memiliki lebih dari 100 produk yang terbagi dalam 4 kategori yaitu, health food, food and beverages, personal care dan home care. Produk-produk baru juga akan segera dirilis. “Kita belum tahu jumlah pastinya, tapi mungkin sekitar 10 produk baru,” tandasnya.

Sementara itu, David Hardyanto Kurnia, Manajer Operasional PT Sukses Abadi Farmindo, salah satu perusahaan yang tergabung dalam grup CNI, mengatakan produk CNI juga sudah diekspor ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura dan Filipina. Negara di Afrika juga sedang dalam penjajakan. “Permintaan dari sana sudah ada, kita sedang menegosiasikan segala sesuatunya,” ujarnya.

Ditambahkan, India juga sebenarnya sudah meminta produk dari CNI, namun, terkendala regulasi ekspor. “Kalau ke India kita tidak bisa ekspor produk jadi, hanya bisa memasok bahan baku,” tandasnya. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.