Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

CloseBuy, Solusi Pemasaran Properti Terpadu

Tak hanya memudahkan pencarian properti, aplikasi CloseBuy mampu memberikan solusi bagi pelaku bisnis properti melakukan pemasaran dan transaksi properti lintas batas. 

closebuy

Willson Kalip, Pendiri CloseBuy Asia Pacific

Era digital telah mengubah dunia pemasaran dan bisnis di sejumlah sektor industri di Indonesia, termasuk sektor properti. Ini terlihat dengan semakin meningkatnya tren pencarian produk properti secara daring, juga bermunculannya situs dan aplikasi properti online dengan ragam keuntungan yang ditawarkan.

Tidak hanya jumlahnya yang bertambah, situs dan aplikasi properti online pun semakin berkembang, baik dari sisi fitur cakupan area, akurasi dan kecepatan data, hingga kemudahan transaksi. Tengok saja CloseBuy Asia Pacific yang melakukan terobosan baru dengan menghadirkan “CloseBuy”, platform aplikasi digital properti lintas batas berbasis peta.

Setelah perdana diluncurkan di pasar properti Singapura pada Agustus 2018 lalu, kini CloseBuy turut meramaikan industri properti di Tanah Air. “Setelah Indonesia dan Malaysia, selanjutnya akan dikembangkan di negara-negara di kawasan Asia Pasifik lainnya, Vietnam, Thailand, China, hingga Australia,” kata Willson Kalip, Pendiri CloseBuy Asia Pacific.

CloseBuy mengusung konsep one stop marketplace untuk jual-beli dan sewa baik di pasar primer dan sekunder yang melibatkan semua pelaku bisnis properti, yakni pemilik properti, pengembang properti, agen properti, dan bankir yang bergerak di sektor residensial, komersial, dan industri. Aplikasi yang dapat diakses langsung melalui Android dan iOS ini memberikan solusi terpadu bagi pelaku dan praktisi properti dengan segala jenis kebutuhan properti di mana pun lokasi mereka.

“Hingga kini telah terkumpul 1.000 listing, berupa hunian inden, primer, dan sekunder, proyek komersil, hingga pergudangan yang tersebar di tiga negara yaitu Singapura, Indonesia, dan Malaysia,” sebut Willson.

Yang menarik, CloseBuy hanya menawarkan satu aplikasi mobile dan akses back end internet (khusus pengembang properti) untuk mancanegara dan semua pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga menerapkan sistem pencarian berbasis lokasi terdekat serta dilengkapi peta digital untuk mencari alamat properti.

Willson mengemukakan bahwa masyarakat Indonesia cukup familier dengan aplikasi berbasis peta yang umumnya diterapkan pada aplikasi transportasi, seperti Grab dan Go-Jek. “Sistem akan mencari secara otomatis listing properti yang terdekat dengan jarak maksimal 3 kilometer dari lokasi pengguna,” jelas dia.

Interaksi Dua Arah

Menurut Willson, situs dan aplikasi properti yang ada di pasar hanya berfungsi dengan sistem komunikasi satu arah secara pasif. Sebaliknya, CloseBuy menawarkan fitur-fitur yang baru dan berbeda, sehingga memungkinkan pelaku bisnis properti untuk berinteraksi dua arah secara aman, mudah, dan terpercaya.

Melalui fitur “Wanted”, pembeli bukan hanya bisa mencari listing properti yang ditawarkan di dalam aplikasi, namun secara aktif juga mengirim listing sesuai kebutuhan. Nantinya, secara otomatis akan dilakukan pencocokan (matchmaking) apabila ada listing yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Dari sisi penjual atau agen properti, mereka dapat menawarkan listing lain, di luar aplikasi CloseBuy, dengan mengunggah listing dan mendapat persetujuan melalui proses validasi dan prosedur verifikasi terlebih dahulu.

“Fitur ini sangat memudahkan pengguna, khususnya di kalangan korporasi di sektor komersial dan industrial. Perusahaan lokal yang ingin berekspansi ke luar kota maupun luar negeri tidak perlu datang langsung,” jelas Willson.

Di dalam aplikasi ini tersedia pula fitur “Live Chat Box”. Sistem chatting tersebut menjadi sarana komunikasi atau percakapan pengguna terlebih dahulu tanpa harus memberikan detail informasi kontak sebelum terjadi persetujuan di antara pihak pengguna, sehingga keamanan dan privasi tetap terjaga.

Sistem chatting juga berfungsi sebagai pencatatan bukti komunikasi terkait transaksi.  Sementara guna memberikan rasa aman kepada pengguna terkait metode pembayaran, tersedia fitur “Trust Account” untuk memudahkan pembayaran awal transaksi atau tanda jadi dengan menggunakan rekening khusus dari bank terpercaya sebagai pihak ketiga.

Saat ini CloseBuy telah bekerja sama dengan Bank UOB sebagai penyedia layanan Trust Account untuk menjembatani pembeli dan penjual properti dalam hal pembayaran tanda jadi. Bagi pengguna aplikasi ini, Bank UOB juga menawarkan kemudahan KPR yang dapat dicicil hingga 360 kali dengan bunga tetap selama tiga tahun sebesar 5,99%.

Untuk memudahkan pengguna atau calon debitur, aplikasi ini juga telah dilengkapi fitur “One Click Mortgage”, dimana pihak panel bank sudah melakukan pra kualifikasi untuk properti yang akan diajukan pinjaman kreditnya. Cukup mengklik tombol “hubungi bank”, calon debitur akan segera dihubungi.

Listing properti yang ada di CloseBuy sudah di-review oleh mitra panel perbankan terkait partisipasi pihak bank yang bersedia memberikan pinjaman. Semakin banyak bank yang bersedia memberikan pinjaman terhadap satu properti menunjukkan secara tidak langsung properti tersebut diminati dan layak (marketable).

 

Moh. Agus Mahribi

 

MM.11.2018/W

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top