CleverTap Ungkap Strategi Marketing Lintas Channel Tingkatkan Konversi Hingga 31%

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | CleverTap baru saja meluncurkan laporan penelitian terbaru berjudul “Unraveling the Cross-Channel Marketing Strategy.” Laporan ini menyoroti pentingnya penyesuaian pendekatan marketing untuk menarik perhatian audiens regional sekaligus menjaga konsistensi global, serta menekankan perlunya pemahaman mendalam tentang nuansa lokal dalam industri untuk mengoptimalkan strategi lintas channel seiring pertumbuhan bisnis.

Laporan ini berdasarkan analisis terhadap lebih dari 600 perusahaan di seluruh dunia, mengungkapkan, berbagai faktor yang mempengaruhi atau membentuk strategi omni-channel seperti fase pertumbuhan bisnis, nuansa geografis, dinamika industri, pencapaian gaya hidup pelanggan, dan retensi pengguna. Salah satu temuan penting dari laporan ini adalah bahwa perusahaan yang menerapkan empat atau lebih channel dalam strategi marketing mereka mengalami peningkatan tingkat konversi hingga 49%.

Salah satu bagian penting dari laporan ini adalah penekanan pada keberagaman penggunaan channel marketing. Meskipun email tetap menjadi channel dominan di pasar seperti Amerika Serikat dan Inggris, SMS tetap memiliki pengaruh signifikan di China dan Amerika Serikat, sedangkan WhatsApp menunjukkan kekuatan besar di Amerika Selatan dan Asia. Laporan ini menemukan bahwa adopsi strategi marketing omni-channel dapat mempengaruhi berbagai area kunci, termasuk app stickiness, tingkat konversi, dan orientasi.

Berikut adalah beberapa sorotan utama dari laporan tersebut:

Engagement:

– Platform Fintech mengalami peningkatan engagement sebesar 23% dengan memanfaatkan email, push notification, dan pesan dalam aplikasi.
– Platform Berlangganan menunjukkan peningkatan engagement sebesar 16% dari email, dengan potensi peningkatan lebih dari 20% ketika digabungkan dengan channel lainnya.
– Platform Gaming mencatat peningkatan engagement sebesar 13% melalui kombinasi email, push notification, pesan dalam aplikasi, dan inbox aplikasi.

Tingkat Konversi:

– Aplikasi Fintech melaporkan peningkatan tingkat konversi hingga 31% dengan mengandalkan email, push notification, dan pesan dalam aplikasi.
– Aplikasi Berlangganan mengalami peningkatan konversi sebesar 16% melalui push notification dan pesan dalam aplikasi.
– Industri Gaming mencatat peningkatan konversi sebesar 10% berkat penggunaan push notifications dan pesan dalam aplikasi.
– Ecommerce menunjukkan peningkatan konversi sebesar 6% dengan strategi lintas channel yang menggabungkan in-app, app inbox, email, dan push notifications.

App Stickiness:

– Platform Fintech mencatat peningkatan stickiness lebih dari 28% ketika menggunakan lebih dari tiga channel.
– Platform Berlangganan, seperti platform streaming atau belanja kebutuhan rumah tangga, menunjukkan peningkatan stickiness antara 30% hingga 70% dengan penggunaan dua hingga empat channels.
– Platform Gaming mengalami peningkatan stickiness sebesar 32% dengan memanfaatkan lebih dari tiga channels.
– Platform Ecommerce melaporkan peningkatan stickiness sebesar 26% dengan penerapan lebih dari tiga channels.

Joe Harahap, Country Manager Indonesia di CleverTap, mengomentari laporan tersebut, banyak perusahaan seringkali mendalami engagement pelanggan dengan fokus yang lebih sempit, yang walaupun penting, bisa membatasi efektivitasnya. Laporan terbaru tersebut menyoroti kebutuhan akan pendekatan holistik untuk mendorong hasil yang memberikan dampak signifikan. Dengan memanfaatkan sejumlah channel secara strategis, perusahaan dapat meningkatkan upaya engagement mereka secara signifikan.

“Temuan ini menunjukkan, bahwa teknologi MarTech yang lengkap dan komprehensif sangat penting bagi para marketer yang harus menavigasi kompleksitas channel yang berbeda. Pendekatan ini tidak hanya menjawab beberapa tantangan namun juga memperkuat engagement dan efektivitas secara menyeluruh, memastikan bahwa tidak ada touchpoint pelanggan yang diabaikan dan setiap interaksi dioptimalkan untuk mencapai kesuksesan,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here