Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Raih Pendanaan 323 Miliar Rupiah, CityMall Targetkan 100 Kota Baru

Indonesia E-commerce Summit & Expo 2016: Peta Jalan Dorong Percepatan Pengembangan E-commerce IndonesiaMarketing.co.id – Berita Digital | CityMall, e-commerce komunitas yang berbasis di India, baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri B senilai 323 miliar rupiah (22,5 Juta dolar AS). Pendanaan ini membuat total pendanaan yang dikumpulkan CityMall sebanyak 528 miliar rupiah sejak pendanaan Seri A mereka.

Citymall akan menggunakan dana segar ini untuk perekrutan, pengembangan teknologi, dan membangun jaringan logistik mereka sendiri, termasuk gudang dan hub. Selanjutnya, perusahaan bermaksud memperkuat kehadirannya di 40 kota yang ada di jaringannya dan bertujuan untuk memperluas jangkauannya ke 100 kota baru dalam beberapa bulan mendatang.

Didirikan oleh Angad Kikla dan Naisheel Verdhan pada tahun 2019, CityMall adalah platform e-commerce berbasis komunitas pertama di India yang ditargetkan untuk konsumen di kota tier 2, 3, dan 4 di India. CityMall memberikan peluang pendapatan bagi jaringan pengusaha mikro yang disebut pemimpin komunitas.

Para pemimpin ini memainkan peran penting dalam menyediakan akses ke produk dan layanan yang terjangkau untuk konsumen internet yang tinggal di kota kecil dan desa. Dalam kurang dari setahun, CityMall telah menjadi pelopor untuk sebuah komunitas, saluran distribusi yang disesuaikan dengan konsumen.

Menurut Co-Founder CityMall, Angad Kikla, “Internet telah mengubah kehidupan konsumen yang tinggal di kota-kota metro besar. Namun, bagi pengguna berpenghasilan rendah hingga menengah di kota kecil, penggunaan internet terbatas pada konten dan sosial. Kami membangun CityMall dengan visi untuk mengubah pengalaman mereka dengan internet – dengan memberi mereka akses peluang untuk mendapatkan penghasilan serta produk dan layanan yang terjangkau. CityMall memelopori saluran distribusi e-commerce unik yang dipimpin komunitas dan ditargetkan untuk pengguna India.”

Co-Founder CityMall, Naisheel Verdhan menambahkan, “Visi kami adalah membangun ekosistem e-commerce terdesentralisasi untuk 200-300 juta pengguna Internet berikutnya yang tinggal di kota kecil dan desa. Saat aplikasi kami menggambarkan perjalanan para pemimpin komunitas dan memberikan mereka teknologi dan analitik konsumen untuk menjalankan dan mengembangkan toko digital virtual mereka, aplikasi pelanggan kami menawarkan pengalaman pembelian yang sangat sederhana dan terpersonalisasi untuk konsumen.”

CityMall unik karena platformnya yang sederhana dan intuitif memudahkan para pemimpin komunitas untuk bergabung agar dapat membuka toko virtual mereka, dan mengumpulkan permintaan melalui aplikasi ‘white label’ dan WhatsApp. Aplikasi ini juga mengatur perjalanan mereka, memastikan retensi dan keterlibatan yang tinggi baik dari pemimpin komunitas maupun pelanggan.

CityMall baru saja mengembangkan penawarannya secara horizontal, dengan memperluas produk yang digunakan sehari-hari seperti bahan makanan dan produk FMCG, menjadi mode, elektronik, peralatan listrik, kosmetik, dan banyak lagi.

Melalui model pembelian kelompok komunitasnya, startup ini mampu mengurangi biaya terbesar untuk platform e-commerce tradisional – biaya akuisisi pelanggan dan biaya logistik.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top