CIMB Niaga dan Liquid Group Dukung BI Uji Coba QRIS untuk Transaksi Lintas Negara

Marketing – CIMB Niaga dan Liquid Group mengumumkan kemitraan strategis untuk mempelopori penerimaan pembayaran Quick Response (QR) lintas negara (cross-border) antara Indonesia dan Singapura. Kolaborasi tersebut diinisiasi kedua pihak melalui partisipasi dan dukungan bagi Bank Indonesia (BI) dalam uji coba Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi pembayaran lintas negara. Uji coba QRIS telah dilaksanakan pada 23 Mei dan 23 Juni 2019, menggunakan produk digital banking CIMB Niaga “Go Mobile” di sejumlah merchant  di Terminal 3, Bandara Changi Singapura.

Melalui layanan yang rencananya diluncurkan pada kuartal III tahun 2019, CIMB Niaga dan Liquid Group dapat memfasilitasi penerimaan pembayaran dari aplikasi Go Mobile atau aplikasi dompet digital (e-wallet) lainnya yang telah memenuhi persyaratan QRIS di Bandara Changi Singapura. Hal ini dilakukan melalui platform pembayaran QR serta infrastruktur pemasaran terintegrasi milik Liquid Group yang telah diluncurkan pada April tahun ini.

CIMB Niaga dan Liquid Group telah berhasil menyelesaikan proses Proof of Concept (POC) dengan diterimanya aplikasi Go Mobile dan aplikasi digital lain yang telah menggunakan standar QRIS di beberapa merchant milik Liquid Group di Bandara Changi Singapura. Dengan integrasi kode QRIS Bank Indonesia ke dalam alat pembayaran Liquid Group, para pelancong dari Indonesia dapat menggunakan aplikasi pembayaran lokal pilihan mereka untuk melakukan pembelian dalam mata uang domestik (Rupiah) di Bandara Changi Singapura.

Selain itu, CIMB Niaga dan Liquid Group juga berencana membuka jalan bagi penerimaan pembayaran QR untuk koridor Singapura – Indonesia, sehingga memungkinkan pengunjung dari Singapura untuk dapat bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran dan dompet digital yang mereka miliki di sejumlah merchantrekanan CIMB Niaga di Indonesia.

Go Mobile CIMB Niaga

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga merupakan bank pertama di Indonesia yang diberikan kesempatan oleh BI untuk melakukan uji coba pembayaran QRIS lintas negara.

“Kami meyakini inisiatif ini dapat memberikan keuntungan serta kemudahan bagi nasabah saat traveling ke luar negeri, dimulai dari Bandara Changi Singapura dengan menggunakan aplikasi Go Mobile. Layanan ini sekaligus menjadi solusi karena tidak semua nasabah yang bepergian ke luar negeri memiliki kartu kredit atau membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kami melihat layanan pembayaran melaluiQRIS lintas negara memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan seiring banyaknya masyarakat yang bepergian ke luar negeri,” papar Lani.

Lani menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Go Mobile, nasabah dapat menikmati nilai tukar yang menarik dan kompetitif, serta dapat memilih alternatif sumber dana untuk transaksi QRIS yang tersedia pada Go Mobile, yaitu dari rekening tabungan, Rekening Ponsel atau kartu kredit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.