Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

CIAYO Comics, Platform Lokal Yang Lahirkan 1.000 Judul Komik Lokal

Marketing – CIAYO Comics, platform komik digital pertama dan terbesar asal Indonesia sejak 2016 baru saja memperingati hari ulang tahun yang ke-2 di Jakarta pada pertengahan Desember 2018. Acara bertajuk CIAYO Comics Club #2 ini selain menjadi ajang kumpul para author komik lokal, partner dan vendor juga bentuk apresiasi untuk seluruh komikus lokal yang bekerjasama untuk mengembalikan kekayaan komik lokal. Sampai akhir tahun 2018, CIAYO Comics telah memiliki lebih dari 1.000 judul komik official maupun challenge, bekerjasama dengan lebih dari 500 komikus lokal, ratusan komunitas serta studio komik dari seluruh Indonesia. Jumlah pembaca CIAYO Comics mencapai 150.727.804 meningkat signifikan sebesar 576 persen bila dibandingkan tahun 2017.  Jumlah ini akan terus meningkat, mengingat dunia kreatif khususnya komik meningkat pesat. Dikutip dari situs resmi Badan Ekonomi Kreatif, dunia kreatif menyumbang sekitar 1.000 triliun rupiah bagi devisa negara. Dari semua genre yang ada di platform CIAYO, genre komik roman menyumbang persentase pembaca tertinggi di CIAYO Comics dengan jumlah pembaca 42 persen selama tahun 2018.

Digital Marketing CIAYO Corp, Rajiv Akram mengungkapkan, Tahun 2018 menjadi tahun untuk para penulis. Kami telah mengadakan roadshow ke 11 kota untuk membentuk komunitas komik digital dan membangun koneksi serta memperluas jangkauan baca komik di Indonesia. Tahun 2019 CIAYO Comics menargetkan jumlah pembacanya meningkat 100 hingga 120 persen. Selain genre komik roman, genre komedi juga menjadi favorit pembaca dengan 63.200 subscriber pada komik berjudul Soul of Neko.

 

Senada dengan Rajiv, Head of Business Development CIAYO Corp, Khrisnawan Adhie turut menambahkan bahwa di tahun 2019 CIAYO Comics masih dapat diakses gratis di lebih banyak platform agar jangkauan CIAYO Comics lebih luas, salah satunya adalah BBM. Kami juga menargetkan untuk bekerjasama dengan komunitas besar seperti Kaskus. Selain itu, CIAYO Comics akan lebih fokus menyediakan fitur-fitur dan kerjasama bertujuan untuk kenyamanan pengguna. Beberapa fitur seperti rewards untuk pembaca serta early access untuk komik baru.

Diketahui bahwa CIAYO Comics, berada dibawah CIAYO Corp yaitu bisnis perkembangan properti intelektual dari aplikasi komik digital. CIAYO Corp juga menggawangi studio developer games, yaitu CIAYO Games yang berkolaborasi dengan studio animasi ternama, Kumata Studio dan studio games yang populer, Agate Studio. CIAYO Games menghasilkan permainan mobile arcade berjudul “CHIPS: Monster Tap!” yang berhasil menjadi finalis Indonesia Game Contest oleh Google Play dan The Best Mobile Game of The Year oleh Popcon Asia 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top