Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

China Mobile: Bukti Nyata Kesuksesan Si Negeri Tirai Bambu

www.marketing.co.id – Cina kini mulai muncul sebagai penguasa dunia. Kegigihan dan keuletan masyarakatnya telah menghasilkan kinerja negara yang luar biasa. Salah satu bukti kejayaan Cina adalah berdirinya China Mobile, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Kini perusahaan tersebut telah memiliki nilai sebesar US $ 50,6 miliar atau sekitar Rp 485.800 miliar.

China Mobile memiliki dua cabang perusahaan, yaitu Hong Kong Company Limited dan International Limited (International Company). Perusahaan ini bertugas untuk mengoperasikan seluruh jaringan telekomunikasi seluler secara nasional di 31 provinsi.

Pada 31 Desember 2011 saja Grup ini telah memiliki staf sebanyak 175.336 orang dan menguasai pangsa pasar sekitar 66,5% di Daratan Cina. Estimasi pelanggan di wilayah itu adalah sebanyak 650 juta orang.

Mayoritas pemegang saham adalah China Mobile (Hong Kong) Group Limited, dan secara tidak langsung berarti mempunyai kepemilikan saham sekitar 74,18% melalui Cina Handphone Hong Kong (BVI) Limited. Kepentingan ekuitas yang tersisa, yaitu sekitar 25.82% dipegang oleh investor publik.

 

Kinerja yang luar biasa membuat perusahaan ini menuai sejumlah prestasi membanggakan, diantaranya:

  • Mendapatkan peringkat 8 dalam Financial Times “Global FT 500”.
  • Berada di posisi ke-31 dalam daftar “Global 2000” Forbes Magazine.
  • Terdaftar dalam “Top 100 Most Powerful Brands” oleh Millward Brown dan Financial Times sebagai peringkat 10 di antara seluruh perusahaan di dunia dan nomor satu di antara semua perusahaan Cina.

Hal yang dapat dipelajari dari perusahaan ini adalah mereka memiliki sistem manajemen risiko yang kuat sehingga meningkatkan ketahanan bisnisnya agar tidak mudah runtuh oleh tekanan dunia bisnis internasional. Perusahaan ini juga selalu meningkatkan sistem pengendalian internal dimana proses di dalam dapat terjaga kesesuaiaannya, sehingga kualitas perusahaan tetap terjaga.

Selain menjaga kestabilan perusahaan juga mempertahankan kinerja para pegawainya. Mereka melakukan sebuah pendidikan anti-korupsi yang diharapkan dapat menciptakaan kesetiaan dan kecintaan terhadap perusahaan sehingga terbentuklah kinerja yang baik untuk menunjang kemajuaan perusahaan.

Melihat semua kesuksesan yang telah dicapai, ternyata semua hal tersebut didasari oleh strategi yang terstruktur. Untuk periode 2011-2015 pun China Mobile pun telah menyusun strategi baru seputar inovasi dan pengembangan perusahaan.

Tidak hanya China Mobile, sebenarnya masih banyak lagi perusahaan-perusahaan bernilai tinggi, seperti ICBC, Baidu Inc, dan Tencent. Keuletan dan kegigihan masyarakatnya semakin menunjang kemajuan negara tersebut. Perlahan-lahan Cina mulai memposisikan dirinya sebagai pesaing Amerika. Bahkan sebuah laporan intelijen memprakirakan bahwa Cina akan mengungguli Amerika Serikat sebagai negara dengan perkonomian terbesar di dunia di tahun-tahun 2020-an. (Karin Annisa Amalia)

 sumber : http://www.chinamobileltd.com

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top