Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Chilibeli Luncurkan Strategi Baru Hadapi Covid-19

Marketing.co.id – Chilibeli, platform social commerce yang didirikan pada Juli 2019 memperkenalkan era baru berbelanja berbagai kebutuhan pangan pokok rumah tangga secara  digital. Memanfaatkan suasana PSBB dan stay at home untuk menjawab berbagai tantangan logistik dalam memasok produk pesanan Mitra dan Sahabat Chilibeli secara cepat, tanggap, berkesinambungan dan terpadu.

Chilibeli

Chilibeli sigap memperkuat jaringan serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.

Pada masa pandemi Covid-19, kendala pertama yang sungguh terasa adalah melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa(Hotel Restaurant Cafe) yang merupakan lini usaha B2B (business to business) Chilibeli. Hal ini mempengaruhi angka pasokan menjadi berlebih,khususnya untukbeberapa sembako.

Untuk itu, manajemen dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.

Adapun dampak adanya PSBB, maka kegiatan komunitas pun tertunda.Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru. Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya,dengan puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya.

Sedangkan,bagi masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat,kendala berikutnya adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesananterlantar. Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id. Dimana, saat ini produk pesanan Sahabat dapat langsung diantarkan ke rumah Sahabat yang akses perumahannya tidak ditutup.

Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications Chilibeli, menyoroti sebuah inisiatif sosial yang tengah mereka lakukan, “Kami turut merasakan beban pikiran karena menurunnya pemasukan keluarga yang dialami oleh para Mitra. Kami pun berusaha meringankan beban pikiran dan kegelisahan sejenak dengan memberikan hadiah kecil berupa produk kepada Mitra yang berprestasi. Ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian kami terhadap dukungan dan kesetiaan yang senantiasa diberikan Mitra kepada Chilibeli. Kami berencana untuk akan menjadikan inisiatif ini sebagai program harian yang akan berlangsung selama beberapa bulan kedepan.”

Selain itu, sejak awal bulan puasa, Chilibeli juga meluncurkan sebuah inisiatif bertajuk #KebaikanMitraChilibeli. Ini merupakan sebuah kampanye cerita video digital yang menyoroti kisah para Mitra Chilibeli. Kampanye video tersebut diluncurkan selama bulan puasa berlangsung. Tidak hanya itu saja, adapula paket sembako khusus Lebaran dengan harga terjangkau,mulai kisaran Rp59.000 hingga Rp94.900.

Menanggapi harga sembako yang naik terutama menuju Lebaran,Yumir menegaskan bahwa Chilibeli terus memonitor tren dan menyesuaikan harga sesuai dengan harga rata-rata pasar. “Walaupun suasana dan kondisi perayaan Lebaran tahun ini sungguh berbeda karena PSBB dan himbauan penundaan mudik, Chilibeli terus memonitor dan mengikuti perkembangan harga-harga produk sembako populer, dan akan mengikuti harga pasar.

Setelah PSBB selesai dan Chilibeli dapat beroperasi akan kembali seperti semula, ada beberapa rencana usaha yang menjadi prioritas perusahaan,yaitu perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar semakin cerdas dan intuitif.

“Berdasarkan beberapa studi, kami melihat bahwa akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satupilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga. Mereka akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka,” tutup Yumir.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top