Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Chat Commerce Sebagai Solusi Bisnis

Marketing.co.idBerita UMKM | Teknologi chat commerce terus dikembangkan oleh BJtech melalui produk terbaru mereka BALESIN.ID. Sejak bekerjasama pada tahun 2015 dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola, Frestea, BFI, dan juga Bang Joni dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini BJtech bersama Sari Roti meluncurkan fitur Chat Commerce yang sudah dapat digunakan melalui WhatsApp Messenger: +6281132214900.

Diatce G. Harahap, CEO BALESIN.ID menyatakan, masa pandemi sedikit banyak mengubah perilaku kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Yang tadinya untuk belanja keluar rumah tidak ada masalah, sekarang mereka cenderung ingin berbelanja dari rumah saja, melalui online.

“Melihat fenomena tersebut, kami dari BALESIN.ID mengembangkan fitur Chat Commerce yang dimana para konsumen bisa langsung berbelanja dari WhatsApp Messenger, sebagai salah satu channel chatting favorit masyarakat Indonesia.”

Baca juga: WhatsApp Lahirkan Keajaiban dari Kebun Singkong Hingga ke Sungai

Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, fitur Chat Commerce dari BALESIN.ID menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.

Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, integrasi dengan payment gateway dan logistik pilihan, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal.

BALESIN.ID

Ilustrasi BALESIN.ID

Sari Roti adalah salah satu klien yang menggunakan fitur Chat Commerce dari BALESIN.ID. Vienno Monintja Chief Marketing Officerdi PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. mengungkapkan, melihat situasi pandemi seperti sekarang ini, semakin mendorong Sari Roti untuk memberikan service excellence. “Salah satu yang kami lakukan adalah dengan membuat proses ordernya lebih mudah dan nyaman melalui Chat Commerce di WhatsApp,” tutur Vienno.

Baca juga: WhatsApp Inisiasi Program Pelatihan UMKM

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, BALESIN.ID memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International), BALESIN.ID menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online. Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.

“Salah satu klien BALESIN.ID yang sudah menggunakan fitur Chat Commerce di WhatsApp telah berhasil menunjukkan hasil positif seperti kenaikan di jumlah order dan revenue setiap bulannya sampai lebih dari 200%. Sehingga untuk brand-brand lain yang ingin meningkatkan customer engagement-nya di fase pandemi seperti sekarang ini, kami sangat siap untuk berkolaborasi,” tutup Diatce.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top