
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia pada bulan Oktober, brand pembalut wanita CHARM dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) melanjutkan kolaborasi tahun ke-5 mereka bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Kolaborasi ini diwujudkan melalui edukasi deteksi dini kanker payudara bertema “AYO SADARI SETELAH MENSTRUASI”, yang kali ini menyasar lebih dari 1.000 mahasiswi dari beberapa universitas di Jakarta sepanjang bulan Oktober 2025.
Kegiatan edukasi ini dilakukan secara bertahap, salah satunya di STIKes RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada 21 Oktober 2025. Kolaborasi berkelanjutan ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus kanker payudara di Indonesia. Data terbaru dari Global Cancer Observatory melaporkan lebih dari 66 ribu kasus baru di Indonesia, menjadikannya jenis kanker yang paling banyak terjadi dan tantangan kesehatan besar bagi perempuan.
Meskipun kasusnya tinggi, kanker payudara memiliki peluang sembuh yang lebih tinggi jika dideteksi lebih cepat. Sayangnya, banyak yang baru memeriksakan diri pada stadium lanjut karena rendahnya kesadaran deteksi dini.
Dr.dr. Agus Sutarman SpB. Subsp Onk (K). SH. MH. MARS, salah satu pemateri, menekankan bahwa kanker payudara merupakan kasus kanker nomor satu terbanyak pada wanita di Indonesia dan dapat menyerang usia muda. Beliau menghimbau untuk melakukan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) secara rutin, teratur, dan disiplin, serta SADANIS (perikSA payuDAra kliNIS) dengan tenaga medis.
“Kami menghimbau untuk melakukan SADARI 7-10 hari setelah menstruasi hari pertama,” ujar Dr. Agus Sutarman. Ia juga berharap para mahasiswi yang mendapatkan edukasi akan menjadi agen penyebar kebiasaan SADARI ke perempuan lain di sekitar mereka.
Direktur Unicharm, Sri Haryani, turut menyampaikan, bahwa SADARI adalah kunci deteksi dini. “Karena SADARI direkomendasikan untuk dilakukan 7 hingga 10 hari setelah hari pertama menstruasi, kami meyakini bahwa menstruasi dan pencegahan kanker payudara memiliki keterkaitan yang erat,” jelas Sri Haryani.
Sejak tahun 2021, CHARM dan YKPI telah bekerja sama memberikan edukasi deteksi dini kepada lebih dari 15.000 perempuan di seluruh Indonesia, termasuk Gen Z dan Gen Alpha, melalui kegiatan online dan offline.
Sebagai bentuk dukungan berkelanjutan, CHARM kembali memasang logo “AYO SADARI SETELAH MENSTRUASI” pada kemasan produk-produk unggulannya, seperti CHARM Daun Sirih, CHARM Cooling Fresh, CHARM Safe Night, hingga CHARM Pantyliner dan CHARM Panties. Pemasangan logo ini bertujuan agar konsumen selalu teringat dan terbiasa untuk melakukan SADARI setiap kali mereka mengganti pembalut.
Kegiatan edukasi kali ini juga diisi dengan sesi penjelasan mengenai tips memilih pembalut yang sesuai dengan berbagai kebutuhan. Melalui corporate brand essence “Love Your Possibilities”, Unicharm berkomitmen untuk terus berupaya agar seluruh masyarakat, khususnya perempuan, dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.


