Brand parfum lokal Evangeline berhasil mendobrak stigma tentang kualitas parfum lokal yang dahulu dipandang sebelah mata.
Marketing.co.id – Berita Marketing | Didorong oleh inovasi produk lokal yang semakin kreatif dan relevan dengan kebutuhan pasar, industri kecantikan di Indonesia terus menunjukkan perkembangan pesat. Salah satu segmen yang yang menonjol adalah parfum, di mana saat ini semakin banyak brand lokal yang berhasil menciptakan produk berkualitas untuk bersaing dengan brand parfum internasional.
Evangeline merupakan salah satu brand parfum lokal yang berhasil mencuri perhatian masyarakat. Didirikan pada 2008, Evangeline memulai menjajakan produknya di toserba dan supermarket. Semenjak itu, Evangeline mulai bertransformasi merambah ke industri parfum. Bersama Shopee, Evangeline kini berhasil menjadi salah satu brand parfum lokal yang berhasil mendobrak stigma tentang kualitas parfum lokal yang dahulu dipandang sebelah mata.
Baca Juga: Evangeline Kembali Raih Top Brand Award
Pemilik Evangeline Jimmy Liong menjelaskan bahwa Evangeline hadir dengan visi dan misi sebagai brand parfum yang menghadirkan aroma berkualitas tinggi untuk dapat dinikmati semua kalangan dan menjadi bagian dari identitas penggunanya. Setiap botolnya mengandung cerita yang menanti untuk diceritakan, menghubungkan setiap aroma dengan momen spesial dalam kehidupan mereka.
“Keberhasilan kami saat ini dalam menjangkau lebih banyak pengguna tentunya tak terlepas dari peran Shopee yang sangat membantu kami dalam membangun brand awareness, dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, kami juga secara konsisten menghadirkan pengalaman belanja terbaik melalui ragam inisiatif dan program, rangkaian festival kampanye belanja, serta fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video,” jelasnya.
Transformasi Digital Evangeline: Jangkau Pasar Lebih Luas
Transformasi digital Evangeline dimulai pada 2017, ketika bergabung ke Shopee. Dengan memanfaatkan ekosistem digital Shopee, Evangeline mampu memperluas pasar hingga menjangkau pelosok Indonesia, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan melalui berbagai fitur interaktifnya. Sejak kehadirannya di Shopee, Evangeline berhasil melahirkan beragam varian Evangeline Premium Eau De Parfum dan berhasil merebut hati konsumen, di antaranya Black Vanilla, White Musk, Baby Powder, dan Black Sakura yang selalu habis diburu oleh para pecinta parfum dalam negeri.
Menurutnya, setiap varian parfum Evangeline dirancang untuk menghadirkan kualitas parfum premium dengan harga bersahabat. Evangeline terus berinovasi dalam menghadirkan aroma yang relevan dengan tren global. Proses produksi sepenuhnya dilakukan di dalam negeri, menggunakan bahan baku berkualitas yang diproses sesuai dengan standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), halal, serta sesuai dengan panduan GMP (Good Manufacturing Practice). Kesuksesannya di pasar parfum ini pun turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan mendukung perekonomian lokal.
Bergabung dengan Shopee menjadi langkah strategis yang membawanya untuk lebih menarik perhatian lebih banyak pelanggan. “Festival kampanye belanja selalu menjadi panggung yang lebih besar bagi produk-produk kami agar bisa dikenal lebih banyak konsumen. Tidak hanya program kampanye, fitur dan program Shopee lainnya juga turut berkontribusi membantu kami dalam mengelola dan mengoptimalkan toko online secara lebih efektif,” tambah Jimmy Liong.
Bangun Kedekatan Pelanggan Melalui Shopee Live dan Shopee Video
Cermat dalam mengikuti tren belanja yang semakin dinamis, Evangeline mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live sebagai salah satu kanal penjualan sejak 2023. Evangeline melihat potensi yang besar untuk mendongkrak penjualan melalui pengalaman belanja penuh interaksi yang lebih personal melalui kanal live streaming.
Melalui fitur tersebut, Evangeline dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan lebih efisien, sekaligus bisa mengenalkan produk secara lebih holistik. Shopee Live telah berperan strategis dalam membangun kepercayaan pelanggan, karena memungkinkan pelanggan lebih dekat dengan brand dan memahami kualitas produk yang ditawarkan.
“Hampir genap dua tahun mengoptimalkan fitur Shopee Live, Evangeline berhasil mencatat peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat dibandingkan saat awal pertama kali memanfaatkan fitur tersebut. Lonjakan ini terjadi berkat kombinasi konten yang hadir konsisten dan mampu menarik engagement tinggi serta memanfaatkan momentum festival kampanye belanja tanggal kembar,” jelas Jimmy Liong.
Untuk menciptakan konten Live yang menarik, Evangeline melakukan riset pasar mendalam untuk memahami tren dan preferensi audiens. Melalui proses ini, Evangeline berusaha menghadirkan ide konten Live yang relevan bagi para pelanggan setianya. Kontennya juga selalu disesuaikan dengan kampanye besar Shopee, seperti saat momen Ramadan maupun saat festival kampanye belanja akhir tahun. Selama sesi live streaming berlangsung, Evangeline secara aktif memberikan konten edukasi seperti “Tips Merawat dan Menyimpan Parfum” dan juga penawaran diskon khusus yang hanya berlaku di sesi live streaming.
Selain Shopee Live, Evangeline juga memanfaatkan Shopee Video untuk membuat konten video singkat yang dinamis dan menarik, sesuai dengan tren konsumsi media saat ini. Dengan format ini, Evangeline dapat menyampaikan brand story dan value secara efektif dalam durasi singkat, seperti melalui konten inspirasi gaya hidup atau tips penggunaan parfum.
Melihat perkembangan industri parfum lokal yang terus berkembang pesat, Jimmy Liong optimis tahun 2025 industri parfum lokal akan terus bertumbuh pesat. Keunikan aroma parfum lokal yang sesuai dengan kepribadian pelanggan adalah kunci memenangkan hati pelanggan.