Catat, Pameran Kuliner Jatim Berlangsung Tiga Bulan

Marketing.co.id – Berita UMKM | Dalam kondisi ekonomi melemah, membangun bisnis baru menjadi salah satu pilihan karena mencari untuk pekerjaan sangat sulit. Kuliner adalah salah satu primadona bidang bisnis, mengingat masyarakat Indonesia dikenal suka jajan dan Indonesia juga kaya akan ragam kuliner.

Tak mengherankan jika usaha kuliner muncul dimana-mana dengan dan jenisnya beragam. Kondisi ini membuat persaingan di bisnis kuliner menjadi sengit, sehingga menghadirkan tantangan tersendiri. Karena itu, untuk terjun ke bisnis kuliner tidak cukup hanya dengan modal nekat, namun juga keahlian tertentu.

Untuk memberi inspirasi dan menumbuhkankembangkan bisnis kuliner di Jawa Timur, Gema Inti Jawa Timur dan Pemuda Huang Jawa Timur menggelar “Jatim Culinary WebExpo 2020-2021”. Ajang ini menyasar calon pengusaha kuliner atau mereka yang sudah menekuni usaha kuliner. Untuk bisa berpartisipasi dalam ekspo ini Anda tidak perlu datang ke Jawa Timur, karena acaranya digelar secara daring.

Baca juga:Pijar Mahir Hadirkan Beragam Pelatihan Online Bisnis Kuliner

Jatim Culinary WebExpo 2020-2021 dilaksanakan secara online selama tiga bulan, dimulai 28 Oktober 2020 hingga 28 Januari 2021. Acara ini didukung oleh Omegasoft dan IdeKuliner sebagai penyedia platform penyelenggaraan pameran kuliner. Jatim Culinary WebExpo 2020-2021 diikuti oleh 100 merchant kuliner, diantaranya adalah Black Kawa, Captain Hood, De Boliva dan banyak merchant lainnya.

Kuliner Expo Jatim
Pembukaan Jatim Culinary WebExpo 2020-2021

Fadjar Hutomo, Deputi Bidang Industri dan Investasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, kuliner merupakan subsektor yang paling dominan dalam ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan makin maraknya penggunaan gawai di masyarakat Indonesia, diharapkan dapat mendorong lagi bisnis kuliner agar kontribusinya lebih signifikan dalam perekonomian.

“Selain itu teknologi juga memungkinkan pembayaran secara non-tunai, sehingga mempermudah transaksi antara pembeli dan penjual, dan kemudahan ini diharapkan menjadi pemicu untuk peningkatan omzet para pengusaha kuliner di Indonesia, khususnya Jawa Timur melalui event online ini,” tutur Fadjar saat pembukaan Jatim Culinary WebExpo 2020.

Baca juga: Pengiklan di Telkomsel DigiAds Didominasi Sektor Kuliner dan Fashion

Ong Pendopo Winoto, Pendiri Omegasoft menyambut baik ide acara Jatim Culinary Webexpo yang mengangkat UKM Kuliner Jawa Timur, agar bisa tetap berjualan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Omegasoft beserta Idekuliner.com menyediakan platform serta landing page khusus untuk para UKM kuliner dengan fitur memilih menu, order yang tersambung ke sistem kasir, pembayaran hingga pengiriman internal ataupun eksternal pihak ketiga. Omegasoft juga menyediakan transaksi pre-order (open PO) untuk meminimalisir kerugian karena produk tidak laku terjual.

Evans Winata, ketua panitia Jatim Culinary WebExpo 2020-2021dan Ketua Gema Inti Jawa Timur berharap, momen ini tidak hanya menjadi ajang bagi pengusaha kuliner untuk berkreasi dan berinovasi, namun juga bisa menyerap banyak tenaga kerja. “Diharapkan para pengusaha bisa membangun brand kuliner yang baru untuk menjadi kebanggaan dan ikon di Jawa Timur yang dikenal di seluruh Indonesia, bahkan dunia,” tuturnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.