Catat! Berikut 5 Tren AI Terbaru di Dunia Kecantikan dan Fesyen

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Perfect Corp. ungkap 5 tren AI terbaru di dunia kecantikan dan fesyen dalam laporan tren global

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perfect Corp, penyedia solusi teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) untuk kecantikan dan fesyen serta pengembang solusi ‘Beautiful AI’, mengumumkan laporan tren global terbarunya berjudul “Tren AI Teratas yang Ikut Membentuk Industri Kecantikan dan Fesyen pada 2024.”

Laporan ini merupakan hasil upaya kolaboratif dari para ahli dan pemimpin terkemuka di industri teknologi dan ritel yang menyumbangkan pemikirannya tentang penggunaan AI. Laporan ini juga menampilkan mahadata dari aplikasi YouCam Suite yang menggambarkan cara-cara penggunaan kecanggihan AI untuk konsumen di industri kecantikan dan fesyen.

Laporan ini menganalisis bagaimana AI berpotensi besar merevolusi industri kecantikan dan fesyen, dengan mendorong terciptanya pengalaman belanja yang dipersonalisasi untuk konsumen sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand.

Sejak kemunculannya, AI telah mentransformasi berbagai industri dengan kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, menyederhanakan layanan konsumen, dan mendorong inovasi dalam perjalanan belanja konsumen.

Dengan semakin berkembangnya ekspektasi konsumen di era digital, AI hadir sebagai teknologi penting yang mendorong brand dan peritel untuk lebih tanggap terhadap kebutuhan konsumen, serta memastikan keberlanjutan dan profitabilitas yang lebih baik.

Berikut 5 tren AI teratas di industri kecantikan dan fesyen yang dihadirkan dalam laporan ini:

Lewat fitur percakapan, asisten berbasis AI akan membawa personalisasi dan layanan konsumen ke tingkat lebih tinggi

Asisten berbasis AI, seperti perangkat SkincareGPT dan BeautyGPT memungkinkan brand memberikan rekomendasi yang sesuai dan layanan pelanggan yang responsif, meningkatkan pengalaman berbelanja dan loyalitas konsumen, menawarkan saran kecantikan secara langsung, menganalisis kulit, dan virtual try-on produk melalui percakapan yang interaktif, menghadirkan layanan yang lebih personal bagi konsumen kecantikan.

AI akan memberi pengalaman imersif yang lebih canggih untuk membuat fitur virtual try-ondan virtual fitting room menjadi sangat realistis

Teknologi AI yang canggih akan merevolusi pengalaman berbelanja virtual, memungkinkan konsumen mendapat visualisasi tampilan kecantikan dan fesyen yang sangat realistis. Sehingga, konsumen lebih yakin saat membeli produk dan mengurangi pengembalian produk.

AI akan mendorong keberlanjutan dalam ritel kecantikan dan fesyen

Perangkat virtual try-on yang didukung AI akan mengurangi kebutuhan produk sampel di industri kecantikan dan fesyen, sehingga membantu brand dapat beroperasi secara lebih berkelanjutan. Pengalaman virtual try-on produk juga memungkinkan brand memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi kepada konsumen, memenuhi kebutuhan setiap pelanggan dengan produk yang paling sesuai, dan mengurangi limbah yang dihasilkan saat proses pengembalian produk.

AI akan merevolusi pembuatan konten, membuka potensi baru untuk kreativitas dan personalisasi

AI generatif membuat brand dapat memproduksi konten yang dinamis dan lebih personal dalam skala besar, yang memungkinkan konsumen mendapat inspirasi kreatif yang lebih tinggi. Mulai dari kampanye pemasaran yang dihasilkan oleh AI hingga karya seni dan pengeditan yang disempurnakan oleh AI, AI generatif membuka berbagai potensi baru bagi brand dalam bercerita dan meningkatkan keterlibatan konsumen.

AI akan meningkatkan pengalaman konsumen di semua aspek untuk mendorong kesuksesan brand dan peritel

Dari rekomendasi yang dipersonalisasi hingga layanan pelanggan yang lebih baik, AI akan mengoptimalkan setiap tahap perjalanan konsumen, mendorong efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan konsumen secara keseluruhan.

Founder dan CEO Perfect Corp. Alice Chang mengatakan bahwa dengan berbagai perangkat yang inovatif, seperti virtual fitting room dan HD AI skin diagnostics, AI tidak hanya berperan dalam mengubah cara brand berinteraksi dengan konsumen, tapi juga mendorong efisiensi dan inovasi.

“Kami dengan bangga merilis laporan tren terbaru kami yang menggarisbawahi dampak penggunaan AI yang transformatif bagi banyak industri. Kami berkomitmen untuk memberdayakan brand kecantikan dan fesyen dengan membagi wawasan tentang berbagai teknologi yang dapat merevolusi perjalanan belanja konsumen, serta solusi AI yang canggih untuk memberi pengalaman imersif yang luar biasa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here