Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Case Study SEM: Juga Bermanfaat Bagi UKM

D Fanny's Digital Bisnis DB 4 Fokus Search Engine MultiproTidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan search engine sebagai medium kampanye di digital. Perusahaan kelas menengah yang menjadi bagian kelas UKM (Usaha Kecil dan Menengah) juga turut merasakan maslahat dari Search Engine Marketing.

Salah satu perusahaan kategori menengah yang berhasil sukses menjalankan SEM adalah PT Multipro Jaya Prima. Multipro sendiri merupakan perusahaan reseller untuk komputer server. Dalam situsnya yang berlamat di www.multipro.co.id, perseroan ini juga menjual beragam kebutuhan lain yang berhubungan dengan komputer. Namun produk utamanya merupakan peranti yang erat berhubungan dengan dunia IT. Dilihat dari komoditas yang dilego, perusahaan yang berkantor di Jembatan Tiga 25H, Jakarta Utara ini lebih menyasar pasar B2B (Business to Business) ketimbang B2C (Business to Consumer).

Untuk berhasil menyampaikan pesan pada target B2B, tentu medium penjualan yang dipilih harus pas. Salah dalam penggunaan media pemasaran, membuat pesan gagal mencapai target market. Hingga akhirnya, untuk memasarkan salah satu merek servernya, yaitu IBM, pilihan jatuh pada Search Engine Marketing. Hendrick Wijaya dari PT Multipro Jaya Prima menjelaskan bahwa pemasaran dengan menggunakan mesin pencari digunakan lantaran ada banyak target customer Multipro di dalamnya.

Search Engine Marketing yang dilaksanakan Multipro adalah kampanye tunggal. Artinya, SEM adalah satu-satunya campaign dalam menjual produk server IBM, tanpa didukung media online atau offline yang lain. Lanjut Hendrick lagi, untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh, tak hanya kampanye pencarian berbayar (paid search) yang dimanfaatkan, SEO pun tak luput dari pelaksanaan. Dalam paid search, pada saat tulisan ini dibuat, iklan Multipro selalu muncul tiap kali user menggunakan kombinasi kata kunci “server” dan kata lainnya dalam Bahasa Indonesia, seperti “murah”, “beli”, “jual”, “promo”, “Indonesia”, dan masih banyak lagi. Hampir selalu advertensi Multipro muncul di urutan teratas. Bahkan beberapa di antara pariwara tersebut, posisinya pindah ke bagian atas hasil pencarian organik. Tanda bahwa campaign tersebut memiliki performa yang bagus.

Menurut Hendrick Wijaya, hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Jika angka CTR standar di SEM adalah 1 persen, angka perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah iklan yang muncul dalam penjualan server IBM ini mencapai nilai jauh di atasnya, lebih dari 5 persen. Bilangan CTR yang besar, artinya membawa traffic yang tinggi ke situs Multipro. Jumlah kunjungan yang tinggi bermakna potensi penjualan yang semakin meningkat.

Kendati Hendrick tidak mau membeberkan informasi mengenai naiknya jumlah sales atau bahkan persentase peningkatan penjualan jika dibandingkan sebelum memakai SEM, namun kita bisa mengambil kesimpulan sendiri dari sejumlah penghargaan yang diraih Multipro, sehubungan dengan kampanye selling IBM Server via SEM ini. Tahun 2007, sang reseller mendapatkan IBM Recognition Outstanding Growth Award dari IBM. Penghargaan ini diberikan oleh IBM kepada partnernya yang berhasil mendapatkan angka penjualan yang stabil dan terus menanjak. Tak berhenti sampai di situ, tahun 2009 juga diisi Multipro oleh kemenangan meraih anugerah Recognition to Outstanding Contribution 1H09 IBM System x Promo. (Fanny Israr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top